Partisipasi Pemilih di Pilkada Dompu Tertinggi Kelima Nasional

Sekda Dompu, Drs H Muhibuddin, MSI didampingi Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK dan Ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin saat rapat webinar secara nasional, Senin, 14 Desember 2020.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Dompu tahun 2020 mencapai 93,53 persen dan menjadi tertinggi kelima secara Nasional. Tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19 juga relatif tinggi.

Hal itu disampaikan langsung Ketua KPU RI saat rapat virtual untuk refleksi pelaksanaan Pilkada tahun 2020 yang diikuti muspida dan Ketua KPU serta Ketua Bawaslu se Indonesia, Senin, 14 Desember 2020. “Kelima Kabupaten Dompu di NTB dengan partisipasi masyarakat 93,53 persen,” kata Arif Budiman dalam paparannya.

Iklan

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs. Arifuddin mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk angka partisipasi pada Pilkada Dompu tahun 2020 ini mencapai 93,53 persen. Secara nasional, target partisipasi masyarakat sebanyak 75 persen. “Angka pastinya nanti saat kita pleno. Tapi berdasarkan laporan dari Kecamatan, partisipasi pemilih kita 93,5 persen,” katanya.

KPU Kabupaten Dompu, lanjut Arifuddin akan melaksanakan pleno rekapitulasi perolehan suara pasangan calon Bupati dan wakil Bupati tahun 2020 pada Rabu, 16 Desember 2020. Penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati terpilih akan dilakukan 3 hari setelah pleno rekapitulasi dilakukan, jika tidak ada gugatan sengketa di MK.

Sementara data perolehan suara pasangan calon Bupati dan wakil Bupati peserta Pilkada Dompu pada Sirekap KPU sudah rampung 100 persen. Data ini tidak mengalami perubahan dari data hasil rekapitulasi tingkat Kecamatan dengan keunggulan pasangan Kader Jaelani – H Syahrul Parsan, ST, MT (AKJ Syah) sebanyak 58.056 suara atau 38,3 persen. Pasangan nomor urut 2 ini unggul di 7 Kecamatan dan kecamatan Woja hanya kalah dari pasangan H Syaifurrahman Salman, SE – Ika Rizky Veryani (SUKA).

Pasangan Hj Eri Ariani H Abubakar – H Ihtiar, SH (Eri – HI) memperoleh 50.105 suara atau 33,1 persen. Sementara pasangan SUKA memperoleh 43.420 suara atau 28,6 persen. (ula)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional