Partai Gerindra akan Gelar Seleksi Terbuka

Praya (Suara NTB) – Partai Gerindra memutuskan akan mengelar seleksi terbuka untuk menentukan figur atau kandidat kepala daerah yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) NTB tahun 2018 mendatang.

Dengan pola tersebut, diharapkan bisa diperoleh figur terbaik yang layak diusung Partai Gerindra. Demikian ditegaskan Ketua DPD Parta Gerindra NTB, H. Wilgo Zainal, S.E., saat dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 7 Maret 2017 malam.

Iklan

Ia menjelaskan, keputusan untuk menggelar seleksi terbuka tersebut sesuai dengan petunjuk dari DPP. Supaya Partai Gerindra tidak salah memilih figur yang akan diusung pada Pilkada NTB mendatang. “Keputusan ini sesuai petunjuk dan perintah dari DPP. Dan, memang DPP sudah memberikan mandat kepada DPD untuk menentukan figur calon kepala daerah yang akan diusung nanti,” terangnya.

Seleksi terbuka sendiri akan dimulai pada Bulan April mendatang atau paling lambat Bulan Mei. Dimana semua tokoh masyarakat, tokoh politik maupun yang lain boleh mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka ini. Baik itu mendaftar untuk diusung sebagai calon Gubernur maupun calon Wagub.

Termasuk juga kade Partai Gerindra sendiri, tidak dilarang untuk ikut dalam seleksi tersebut. “Terpenting bisa memenuhi persyaratan yang diatur. Dan, semua punya peluang yang sama. Baik itu kader Partai Gerindra sendiri maupun dari luar kader Partai Gerindra,” tambahnya.

Seleksi tersebut lanjut Wilgo bukan hanya untuk Pilkada NTB saja. Tetapi juga untuk kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada. Seperti Pilkada Lombok Barat (Lobar), Lombok Timur (Lotim) maupun Kota Mataram. “Jadi proses seleksinya akan terkonsentrasi. Untuk Pilkada NTB sekaligus untuk pilkada kabupaten/kota lainnya,” terangnya.

Disinggung kabar kalau Partai Gerindra sudah ada komitmen untuk mengusung H.M. Suhaili, FT., pada Pilkada NTB mendatang, anggota DPR RI asal NTB ini, menegaskan itu  belum pasti. Memang, komunikasi antara Partai Gerindra dengan H.M. Suhaili, FT., sendiri cukup intens. Tetapi belum sampai pada keputusan apakah Partai Gerindra akan mengusung Ketua DPD I Partai Golkar NTB tersebut.

“Kita akui, informasi kalau Partai Gerindra akan mengusung H.M. Suhaili, FT., cukup gencar. Tapi saya pastikan, sampai sekarang ini belum ada keputusan apapun,” tandasnya.

Terlebih dengan adanya seleksi terbuka itu nantinya, tidak ada jaminan kalau Partai Gerindra akan mengusung H.M. Suhaili, FT. Kalau kemudian, pihak H.M. Suhaili, FT., tidak ikut mendaftar dalam seleksi tersebu tersebut. Karena yang akan diusung oleh Partai Gerindra nantinya adalah mereka yang mendaftar dan terpilih dalam seleksi.

“Jadi silahkan buat siapa saja yang punya keinginan untuk maju pada pilkada mendatang dan ingin diusung Partai Gerindra, mendaftarkan diri. Baik itu Pilkada NTB, maupun pilkada kabupaten/kota lainya,” ujarnya.

Dan, pihaknya menjamin semua punya peluang yang sama. Tidak ada yang diberikan keistimewaan. “Hasil seleksi terbuka inilah yang nantinya akan menentukan siapa yang akan diusung oleh Partai Gerindra. Baik untuk Pilkada NTB, Pilkada Lobar, Lotim dan Kota Bima,” pungkas anggota Banggar DPR RI ini. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here