Parkir Sembarangan, Dua Kendaraan Diderek

Petugas Dinas Perhubungan Kota Mataram menderek kendaraan yang parkir sembarangan di Jalan Pejanggik, Kota Mataram pada Jumat, 26 Februari 2021.

Mataram (Suara NTB) – Pengendara yang parkir sembarangan di Kota Mataram harus bersiap dikenakan sanksi. Seperti dua kendaraan yang parkir sembarangan diderek oleh petugas dari Dinas Perhubungan.

Dua kendaraan itu ditindak karena parkir di depan Pendopo Walikota Mataram di Jalan Pejanggik. Jalan protokol itu diketahui merupakan kawasan tertib lalu lintas.

Iklan

Penderekan kendaraan dinas asal Sumbawa dan mobil pribadi dengan nomor polisi DR 1764 SF berlangsung cukup lama. Rupanya, petugas dari Dinas Perhubungan yang masuk regu IV belum mahir menggunakan kendaraan derek tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, Drs. M. Saleh dikonfirmasi Jumat, 26 Februari 2021 membenarkan dua kendaraan tersebut diderek oleh petugas. Pihaknya hanya memindahkan karena parkir di kawasan yang dilarang. Petugas berulangkali mencari pemilik kendaraan tetapi tidak ditemukan. “Kendaraannya diparkir di depan pendopo. Di sana kan tidak boleh ada kendaraan parker, makanya kita pindahkan,” kata Saleh.

Dua kendaraan yang diderek tersebut tidak dilanjutkan dengan sanksi tilang berupa denda. Pihaknya demikian kata Saleh, sebatas menegur sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat terutama pengendara agar tidak parkir sembarangan. Tetapi ini juga menjadi bagian dari efek jera. “Kita maklumi mungkin yang punya kendaraan ndak tahu. Mereka dari luar Mataram,” ucapnya.

Lambannya proses pemindahan kendaraan oleh petugas tak dipungkiri oleh Saleh. Kata dia, regu yang bertugas memiliki kemampuan berbeda – beda. Secara kebetulan regu bertugas hari itu masuk dalam regu IV yang belum mahir. Berbeda halnya dengan regu I dan II cukup cekatan mengoperasikan mobil derek tersebut. Akan tetapi, pihaknya tetap akan memberikan pelatihan atau pembekalan agar seluruh petugas derek mahir. “Memang regu kemarin itu lambat. Kita akan terus berikan pembekalan,” demikian kata Saleh. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional