Parkir akan Dikelola Mandiri

Mansur. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Mataram, telah merampungkan kajian pembentukan badan layanan umum daerah (BLUD) pengelolaan retribusi parkir. Praktis retribusi parkir dikelola secara mandiri. Perubahan struktur diharapkan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Mataram, Dr. Mansur menyampaikan, kajian terhadap potensi parkir di Kota Mataram telah tuntas. Berdasarkan potensi itu dinilai sangat layak pengelolaan retribusi parkir menjadi BLUD. Akan tetapi, proses ini masih berjalan. Meskipun hasil kajian telah diserahkan ke sekretaris daerah. “Sebenarnya sudah tuntas,” kata Mansyur.

Iklan

Kajian Balitbang itu berdasarkan potensi serta uji petik dilakukan oleh Dishub. Artinya, kajian yang diserah tidak serta merta diterima. Sekda kata Mansur, mengumpulkan instansi terkait untuk mendiskusikan kembali. Pihaknya diminta untuk mempertajam kembali dalam rangka penguatan penyelenggaraan pembentukan badan layanan umum daerah tersebut.

Hasil pertemuan itu langsung diambil langkah cepat dengan membuat rumusan bersama Bagian Organisasi dan Tata Laksana dan Dinas Perhubungan Kota Mataram. “Rumusannya juga sudah selesai. Tinggal bagian organisasi yang mengecek kembali,” ujarnya.

Secara efektifitas dan potensi pengelolaan parkir dengan sistem BLUD jauh lebih besar potensinya dibandingkan UPT Perparkiran. Menurutnya, pengelolaan oleh UPT Perparkiran masih lemah. Karena itu, BLUD ini memiliki potensi sangat tinggi meningkatkan potensi asli daerah dari retribusi parkir.

Terkait halnya dengan struktur BLUD kata Mansur, akan dikelola secara mandiri dengan dasar hukumnya sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri adalah melalui peraturan walikota. “Bayangan kita itu seperti rumah sakit. Jabatannya direktur. Tetapi secara kewenangan tetap di bawah Walikota,” jelasnya.

Pihaknya berharap penerapan BLUD perparkiran bisa berjalan awal tahun 2022 mendatang. Kemandirian pengelolaan parkir diharapkan dapat meningkatkan PAD bagi Kota Mataram. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional