Parade Perenang akan Digelar di Danau Satonda

Dompu (Suara NTB) – Pulau Satonda Kabupaten Dompu tidak hanya memiliki keunikan dengan danaunya yang tidak terhubung dengan air laut dan ikan tidak bisa besar. Danau Satonda juga memiliki keunikan sebagai tempat terapi ikan dan bisa terapung di tengah danau.

Untuk membuktikan di danau Satonda bisa membuat penyelam terapung di permukaan air, tim dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu berhasil membuktikannya, Rabu (7/9). “Ada 15 orang kemarin berhasil mencoba dan memang bisa terapung setelah kita berenang ke tengah sekitar 5 meter dari pinggir danau,” kata Dra Hj Sri Suzana, M.Si kepada Suara NTB, Kamis, 8 September 2016.

Iklan

Karena air danau dirasa cukup pahit dan perih, ditambah tidak adanya instruktur. Rencana membentuk formasi ‘Pesona Tambora 2017’, gagal dilakukan. Ditambah lagi, ada dua orang peserta yang kerasukan. Kebetulan yang kerasukan ini sedang datang haid dan satu di antaranya sempat mandi di danau. “Ada dua orang yang sedang datang haid dan dia kesurupan,” katanya.

Hj Sri Suzana mengaku, kendati sempat ada kerasukan, dirinya tetap melanjutkan terapung bersama tiga orang lainnya dan membentuk formasi segi empat. Yang dibutuhkan hanya bisa berenang sampai ke tengah dan dengan sendirinya terapung ketika kaki dinaikkan ke permukaan. “Sensasinya memang beda kita terapung di danau Satonda. Kita sambil pegangan tangan juga bisa,” ungkapnya.

Dikatakan Hj Sri Suzana, terapung di permukaan air setahu dirinya hanya terjadi di laut mati Yordania dan di danau pulau Satonda. Danau Satonda bisa digunakan untuk terapung setelah beberapa turis yang mampir ketika melakukan perjalanan menggunakan kapal pesiar ke pulau Moyo atau daerah lain. Para turis ini sering mandi dan tertangkap kamera warga saat melakukan terapung. “Ini yang mendorong kami untuk mencobanya,” jelasnya. (ula)

  Lenang Indah Lantung, Bukit Harapan Pariwisata Sumbawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here