Pantai Sungkun, Tempat Rahasia Para Peselancar Kelas Dunia

Salah satu sudut Pantai Sungkun di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Lotim. Pantai ini sangat cocok untuk berselancar. (Suara NTB/rus)

Tidak saja pantainya yang menawan bagi para wisatawan, gulungan ombaknya yang besar juga menjadi daya tarik tersendiri di sejumlah objek wisata di Lombok Timur (Lotim). Pantai Sungkun Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru salah satunya. Pantai yang berdekatan dengan Pantai Kura-Kura ini juga menjadi tempat yang sangat menarik.

Gulungan ombak Pantai Sungkun di balik bukit yang juga dikenal sebagai bukitnya teletubbies ini konon menjadi tempat rahasia bagi para pencinta olahraga surfing (selancar) kelas dunia.

Mamiq Roman pengelola Pantai Kura-Kura menyebut jika Kerry Black, salah satu pemilik hotel di Lotim bagian selatan sering mengajak peselancar ke tempat indah tersebut.

“Tempat itu sering dinamai The Secret Lawuq Beach,” tutur Mamiq Roman.

Ombak yang besar dibalik pemandangan pantainya yang indah menjadi pemandangan menarik yang menambah pesona keindahan Pantai Sungkun.

Diakuinya, sebelum masa pandemi, Pantai Sungkun ini sangat ramai dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisatawan mancanegara pecinta surfing yang banyak mengunjungi The Secret Lawuq Beach. Belakangan kunjungan baru satu dua saja. Belum terlalu normal, seperti semasa sebelum pandemi melanda.

Sementara itu, soal bukit Teletubbies itu sangat jelas kelihatan saat musim hujan. Tumbuhan hijau menyelimuti bukit. Apalagi semuanya dipenuhi tanaman jagung. Dari kejauhan, pemandangan gundukan bukit-bukit ini tampak indah dengan rimbunan tanaman jagung milik warga.

Kawasan wisata Pantai Sungkun, Kura-Kura, Batu Dagong dan sederetan keindahan alam pantai lainnya di Selatan Lotim ini sangat potensial untuk dikembangkan. Upaya pemerintah desa bersama Karang Taruna saja menata dan mengelola dengan sentuhan sederhana telah menghasilkan cukup besar pundi pendapatan.

Harapannya, fasilitas umum di tempat-tempat wisata ini diperbanyak. Seperti tempat pembuangan sampah, tempat cuci tangan dan tempat fasilitas umum lainnya. Pengelola ini sendiri sejauh ini tetap berusaha menjaga kebersihan kawasan wisata pantai ini agar tetap terjaga. “Setelah sore hari kami melakukan kegiatan bersih-bersih pantai agar keesokan harinya pengunjung menemukan pantai ini tetap terlihat bersih dan asri,” ujarnya. (rus)