Pantai Penyisok, Keindahan Setelah Kesabaran

Selong (Suara NTB) – Potensi wisata Kabupaten Lombok Timur tak habis-habis untuk dieksplorasi. Wisata pantai nan menawan berjejer. Berikut ini adalah Pantai Penyisok, Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru. Menuju pantai yang satu ini, membutuhkan kesabaran lebih. Alasannya sudah pasti, jalan yang dilewati berbatu dan berdebu.

Melintasi jalan puluhan kilo meter yang belum tersentuh aspal bagi pengunjung baru akan memunculkan penilaian lain. Bahkan dikatakan bisa sakit perut. Ditambah lagi dengan sengatan sinar mentari jika datang siang hari.

Iklan

“Pantai ini akan makin indah ketika sore hari,” ucap Yanto salah satu pengunjung.

Namun sensasi dan keindahan yang ditunjukkan pantai ini menjawab rasa sakit. Beberapa keunikan bisa disaksikan. Barisan tebing yang dihempaskan ombak terhembus angin laut memperlihatkan pemandangan tersendiri di Pantai ini.

Bagi sejumlah wisatawan yang datang, Pantai Penyisok ini sangat cocok sebagai tempat berselancar. Semburan ombak laut Samudera Indonesia ini menghemas dinding tebing berwarna hitam dan kuning keemasan mengembalikan air-air terjun kecil yang mengagumkan.

Pantai Penyisok kiranya menjadi bagian-bagian ciptakan Tuhan yang terindah yang diberikan di Gumi Selaparang Lombok. Mengesplorasi pantai-pantai di Lombok memang tidak akan habisnya.

Penyisok bagi wisatawan terlihat belum banyak dikunjungi. Salah satu sisi lemahnya adalah barisan sampah plastik yang tampak mengotori bibir pantai. Tampaknya sampah-sampah kiriman yang terbuang sembarangan masuk ke laut dan kembali mengotori pantai.

Satu hal yang menarik menuju pantai Penyisok ini, ada beberapa sumur-sumur tempat mengambil air. Setidaknya ada sembilan sumur yang letaknya tidak berjauhan. Sumur terdekat sekitar 500 meter dari bibir pantai. Sumur berisi air tawar terlihat tidaklah terlalu dalam. Airnya tidak payau melainkan tetap tawar.

Konon sumur-sumur tersebut dibangun oleh seorang tuan guru yang menyebarkan Agama Islam di Lombok Timur bagian selatan ini. Sumur-sumur tersebut tampak dimanfaatkan warga sekitar.

Keberadaan sumur-sumur yang ada di jalur menuju Penyisok ini memberikan pengalaman baru bagi semua pendatang baru. Karena jaraknya yang cukup jauh, perlu memang beberapa kali untuk bertanya kepada warga sekitar.

Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim, Karomi mengatakan segudang potensi wisata yang ada di Lotim coba akan terus diperkenalkan ke dunia. Kekayaan alam anugerah Tuhan yang diberikan ke Lotim ini bisa menjadi salah satu daya tarik bagi investasi wisata Lotim.

Lombok Timur adalah pesonanya Lombok. Tidak saja Penyisok yang belum terlalu banyak dikenal dengan beberapa keunikannya. Tapi masih banyak pantai-pantai lain yang dimiliki Lotim yang perlu dipublikasikan lebih luas. (rus)