Pantai Leppu Labangka Yang Masih “Perawan”

Mataram (Suara NTB) – Banyak destinasi wisata di Pulau Sumbawa. Salah satunya Pantai Leppu Labangka yang masih “perawan” alias jarang dikunjungi wisatawan.

Selain itu fasilitas yang disediakan pun belum lengkap. Wisatawan yang berkunjung kebanyakan wisatawan lokal saja. Padahal panorama pantai ini tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang sudah dikenal wisatawan.

Iklan

“Pantainya bagus, yang datang kebanyakan orang lokal saja. Karena fasilitasnya juga belum lengkap,” kata warga Sumbawa Boden Rakasiwi, Kamis, 5 April 2018.

Di Pantai ini wisatawan akan dibuat tercengang oleh suguhan alamnya yang unik dengan karakter khas pesisir Selatan. Bentangan pasir putih membuat wisatawan semakin merasa nyaman dan menjadi tempat mengambil gambar yang sempurna. Di tepian lain wisatawan akan disuguhi keindahan
laguna-laguna kecil yang airnya berkilau menjadi suguhan alami.

“Di dekat sana ada tebing juga. Bagus biasnya digunakan untuk selfie (swafoto). Di pantai ini juga suka dilakukan pemotretan pra nikah calon mempelai,” ujarnya.

Selain itu, ada dua sisi muara sungai dan laut. Keindahannya membayar letih setelah melintasi medannya yang unik dan menantang. Di pantai ini wisatawan dapat berenang atau menyelam. Suasana yang tidak terlalu ramai juga sangat pas bagi wisatawan yang suka berwisata di tempat
yang sepi atau sedikit pegunjung.

Pantai Leppu berada sejauh 74 kilometer dari pusat Kota Sumbawa. Lalu berbelok ke kanan menuju Labangka III sejauh 5 kilometer melewati perkebunan warga yang didominasi dengan tanaman jagung. Saat melewati kawasan ini pun menempuh perjalanan yang agak terjal, karena jalannya yang belum diaspal.

Pantai Leppu terbilang punya panorama yang unik. Ada bebatuan karang besar di pantai tersebut yang mengingatkan wisatawan pada Tanah Lot di Bali. Butiran pasirnya pun mirip merica seperti pantai Kuta di Lombok.

Tapi bukan hanya itu, bentangan pantainya begitu panjang sehingga wisatawan dapat melihat banyak jenis pasir di Pantai Leppu. Selain pasir merica, di pantai ini juga bisa temukan pasir besi (pasir hitam) dan pasir pantai pada umumnya.

“Kalau yang suka koleksi pasir pantai, ini surganya. Karena banyak jenis pasir di pantai ini,” ujarnya. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here