Pansus Minta ITDC Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Mataram (Suara NTB) – Ketua Pansus Percepatan Pembangunan KEK Mandalika DPRD NTB, H. Jazuli Azhar, M. Si mengatakan kawasan Mandalika akan mulai dibangun pada awal tahun 2017 mendatang. Kepastian itu didapatkan setelah melakukan pertemuan dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola KEK Mandalika.

“Kita berpikir selama ini harus serius, jangan hanya bermimpi. Kita mau ada kenyataan,” ujarnya, Kamis, 15 Desember 2016.
Pansus Percepatan Pembangunan KEK Mandalika juga telah menegaskan kepada ITDC supaya rekrutmen tenaga kerja saat KEK Mandalika mulai beroprasi harus memprioritaskan tenaga kerja lokal. Selain itu pihaknya juga mendesak agar ITDC berkomitmen mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Iklan

“Jadi ITDC ini hadir tidak sebagai orang asing, tetapi bersama-sama dengan masyarakat, jadi bisa dinikmati. Nanti itu akan menjadi rekomendasi Pansus, di mana sebagai bentuk komitmen, maka setiap perusahaan yang akan berinvestasi di sana nanti harus merekrut tenaga local,” ucapnya.

Menurutnya, hal itu harus menjadi salah satu persyaratan dalam memperoleh izin.Sementara itu terkait dengan konflik lahan antara pemerintah dengan masyarakat, sudah mendapatkan solusi. Karena pembebasan lahan tersebut menjadi prasyarat untuk bisa dimulai pembangunan KEK Mandalika.

“Yang penting ada kesepakatan tanpa ada pemaksaan. Jadi diselesaikan secara adil, arif dan bijaksana. Kita berharap agar ini segera diselesaikan, sehingga tahapan lahan sudah kita tinggalkan dan meningkat kepemikiran kita suksesnya pembangunan KEK ini,” ujarnya.

Jazuli menambahkan, ia sudah mendapatkan informasi bahwa banyak investor yang ingin berinvestasi di KEK Mandalika. Namun harus benar-benar dipastikan keseriusannya. “Nanti akan kita uji, benar tidak dia serius. Tapi ini langkah baik untuk mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (ast)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here