Panorama Air Terjun Umar Maya yang Memikat

0

Selong (Suara NTB) – Air Terjun Umar Maya merupakan salah satu dari banyak air terjun yang ada di Lombok. Tepatnya ada di Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Tidak saja bukit dan gunung, Sembalun juga memiliki air terjun yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

“Sembalun tidak hanya Pusuk saja, tapi banyak destinasi lain. Saya sarankan untuk berkunjung ke air terjunnya juga. Salah satunya Air Terjun Umar Maya,” kata anggota Pokdarwis di Sembalun, Muslihan, Minggu, 4 Februari 2018.

IKLAN

Sesampainya di Desa Bilok Petung, wisatawan dapat menitipkan kendaraannya pada warga sekitar. Kemudian dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 300 meter dan melewati sungai.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan terpana dengan keindahan air yang mengalir dari ketinggian kurang lebih enam meter. Memang tidak terlalu tinggi seperti air terjun lain di Lombok. Namun debit air yang banyak membuat pemadangan air terjun ini berbeda dari yang lainnya.

“Titipkan saja kendarannya di rumah warga dekat pintu masuknya. Nanti ada petugas yang jaga. Jangan lupa bawa minuman dan makanan juga tapi harus bawa pulang sampahnya,” ujarnya.

Konon, nama Umar Maya diambil dari nama tokoh pewayangan Lombok yang terkenal sebagai seorang raja yang sakti mandraguna dan tersohor kebijaksanaannya.

Umar Maya sendiri konon disebut merupakan nama seorang raja yang berasal dari wilayah Timur Tengah, hanya saja leluhur suku Sasak mengadopsi kisah dongeng Bangsa Arab itu menjadi kisah atau cerita atau dongeng yang seolah-olah kejadiannya terjadi di tanah Lombok.

Pada zaman dahulu Umar Maya menggunakan tempat itu sebagai tempat pertapaannya (meditasi). Diceritakan bahwa Raja tersebut kerap menyendiri dan melakukan semedi di dalam gua yang berada di balik air terjun tersebut.

Setelah selesai dari pertapaannya, Umar Maya selalu menyempatkan dirinya untuk mandi di telaga air terjun itu. Selain itu, di tempat inilah Umar Maya sering mengolah ilmu kanuragan kemudian disempurnakan di pemandian Umar Maya yang di sekitar Gua Payung yang terletak di sekitar wilayah kaldera Segara Anak.

Saat ini sudah semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Terutama wisatawan lokal yang banyak menyempatkan diri untuk berkunjung saat datang ke wilayah Sembalun. Hal ini pula yang membuat Umar Maya semakin dikenal wisatawan dari luar. (lin)