Panjat Tebing Gagal Tambah Medali

Atlet panjat NTB, Nurul Iqamah (kanan) saat tampil di final nomor speed perorangan putri, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Mimika Papua, Jumat, 1 Oktober 2021. (Suara NTB/fan)

Kabupaten Mimika (Suara NTB) – Cabang olahraga panjat tebing gagal menambah perolehan medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021. Meski lolos babak final dengan peringkat satu, namun hasil akhir justru menurun.

Tiga srikandi NTB hanya mampu bertahan di peringkat empat pada pertandingan final lead tim putri di Arena Panjat Tebing, Kluster Kabupaten  Mimika, Papua, Jumat, 1 Oktober 2021.

Iklan

Bertengger di peringkat empat besar tersebut mengakibatkan tim panjat tebing gagal menambah perolehan medali di ajang multi event olahraga nasional. Medali emas  di nomor lead tim putri tersebut diraih oleh Jawa Timur (Jatim)  dengan total poin  paling tajam 2.83 poin, disusul  DKI Jakarta peraih medali perak 3.46 pon dan medali perunggu diraih Jawa Barat (Jabar) 4.24 poin.

Manajer Tim Panjat Tebing NTB, Adi Hendra Susanto mengatakan tim panjat tebing NTB menurunkan tiga atlet putri di nomor lead tim putri, yakni Nurul Iqamah, Anggun Yolanda dan Ayu Fatullah.  Dalam hasil babak kualifikasi yang berlangsung di arena yang sama, Kamis (30/9) lalu tim panjat tebing NTB berhasil lolos final di peringkat pertama, mengalahkan mengalahkan Jabar di peringkat kedua dan Jatim di peringkat ketiga.

Sementara di peringkat keempat  DKI Jakarta, Kaltim di peringkat kelima dan Papua di peringkat ke enam. Namun hasil babak final justru berbalik, tim NTB malah terjun bebas di peringkat keempat,  karena posisi pertama diambil alih Jatim, disusul DKI Jakarta di peringkat kedua dan Jabar di peringkat ke ketiga.

“Lead tim putri NTB  menempati peringkat empat dan gagal menyumbang medali,” ucap Adi yang juga menjabat Ketua Harian Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) NTB.

Selain gagal di kelas lead tim putri,  atlet unggulan NTB, Nurul Iqamah dan Ade Irma Suryani yang turun di final speed perorangan putri, Jumat, 1 Oktober 2021 juga gagal meraih medali. Atlet NTB, Nurul Iqamah meraih peringkat delapan dan Ade Irma Suryani menempati peringkat 16 besar. Sementara medali emas diraih atlet asal Bali, Desak Made Rita Kusuma Dewi, kemudian medali perak diraih atlet asal Banten, Rajia Salsabilah dan Aries Susanti Rahayu asal Jateng meraih medali perunggu.

Lanjutnya, meski gagal meraih medali di nomor lead tim putri dan speed perorangan, namun NTB masih menyisakan sedikitnya lima nomor lagi, yakni di nomor relay putri, boulder perorangan putri, combined perorangan putri, combined tim putri dan lead tim putra. Di lima nomor tersebut panjat tebing masih berpeluang meraih medali. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional