Pangdam Ingatkan Netralitas TNI

Benny Susianto (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P memberi peringatan kepada seluruh jajarannya, termasuk Korem 162/Wira Bhakti agar menjaga netralitas.

Penegasan itu disampaikan Pangdam saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam IX/Udayana Jumat, 6 Maret 2020 yang diteruskan Danrem 162/WB Kol. CZI Ahmad Rizal Ramdhani. Peringatan itu dianggap penting, karena  tujuh daerah di NTB akan menghelat pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak.

Iklan

“Seluruh Prajurit harus menunjukan netralitas TNI dan tidak berpolitik praktis dalam Pilkada 2020,” kata Danrem mengutip penjelasan Pangdam.

Tahun 2020 merupakan tahun politik. Terkait itu, Pangdam menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta agar menyiapkan satuan untuk bantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka tugas pengamanan Pilkada pada Tahun 2020. “Dan dalam menjalankan tugas, tetap tegakkan netralitas TNI,” tegasnya lagi.

Pangdam juga mengingatkan kepada  seluruh Prajurit Kodam IX/Udayana jajaran, harus mampu meningkatkan kepekaan dan kepedulian selama bertugas dengan tetap menjaga kepercayaan masyarakat.

Selain itu, diingatkan agar meningkatkan kesiapan operasional satuan untuk penanggulangan bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan, khususnya satuan yang berada di daerah rawan bencana maupun untuk penugasan khusus.

Hal lain, agar meningkatkan kesadaran Keluarga Besar PNS dan Prajurit Kodam IX/Udayana dalam penggunaan media sosial,  tidak menyebarluaskan dan menanggapi berita hoaks. (ars)