PAN Tuntaskan Pleno Usulan Dukungan di Pulau Sumbawa

Ketua Desk Pilkada DPW PAN NTB, Hadi Sulthon saat memimpin jalannya pleno penetapan usulan dukungan di DPD PAN Sumbawa. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Partai Amanat Nasional (PAN) sudah menuntaskan pleno usulan dukungan kandidat bakal calon Kepala daerah dan wakil kepala daerah di empat daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 di Pulau Sumbawa. Yakni Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu dan Bima.

“Rapat Pleno pengusulan nama-nama calon Bupati-wakil Bupati yang akan diusung Partai Amanat Nasional di empat daerah Pulau Sumbawa telah terlaksana dengan baik dengan penuh semangat kekeluargaan,” ujar Ketua Desk Pilkada DPW PAN NTB, Hadi Sulthon kepada Suara NTB, Selasa, 3 Maret 2020.

Iklan

Pleno penetapan usulan dukungan itu dilakukan oleh desk Pilkada masing-masing daerah bersama dengan desk Pilkada DPW PAN NTB. “Insyaallah Minggu ini kita akan laksanakan pleno untuk tiga daerah yang Pilkada di Lombok untuk penetapan usulan Calon Bupati-Wakil Bupati, Calon Walikota-Wakil Walikota yang akan diusung oleh PAN,” katanya.

Setelah tujuh daerah kabupaten/kota di NTB yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 tuntas diplenokan. Kemudian akan dilanjutkan pleno di tingkat DPW. Setelah itu baru kemudian akan disampaikan ke DPP untuk proses selanjutnya, yakni penetapan dan penerbitan SK rekomendasi dukungan.

“Untuk nama-nama yang kita putuskan, nanti ada waktunya akan diumumkan oleh DPW. Setelah kita Pleno di DPW saja,” ungkap Sulthon saat ditanya terkait nama-nama yang ditetapkan dalam pleno untuk diusulkan ke DPP.

Sebelumnya, Sekretaris DPW PAN NTB, Hasbullah Muis menegaskan, partainya tidak ingin asal-asalan dalam memberikan dukungan, karena PAN telah memasang target besar kemenangan pada Pilkada serentak 2020 di NTB. Sebab itulah PAN NTB merasa sangat penting untuk turun langsung melihat situsi dinamika politik dan tidak hanya menerima laporan di atas kertas saja.

“Karena itu DPW juga sangat berkepentingan terkait informasi yang konverhensif tentang figur bakal calon. Supaya keputusan yang dibuat nantinya bisa secara utuh disampaikan kondisi rillnya ke DPP,” katanya.

“Sedangkan terkait dengan jumlah calon yang akan direkomendasikan, itu nanti tergantung dari dinamika politik yang terjadi dimasing-masing daerah itu,” jelasnya.

Diungkapkan Hasbullah, bahwa tim desk Pilkada DPW PAN juga diberikan kewenangan untuk menerima pendaftaran calon, tetapi dengan ketentuan dan syarat yang sudah ditetapkan. Hal inilah nantinya yang akan dibahas bersama dengan tim desk Pilkada. (ndi)