Pagi Ini, LIA Dibuka Lebih Awal

Mataram (suarantb.com) – Otoritas Lombok International Airport (LIA), telah membuka kembali aktivitas penerbangan di bandara tersebut, Selasa, 2 Agustus 2016, pukul 08.00 WITA. Pembukaan kembali LIA dilakukan setelah abu vulkanik Gunung Barujari dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas penerbangan dari dan menuju LIA.

Kabar pembukaan kembali aktivitas LIA itu disampaikan oleh Kepala Stasiun Meteorologi dan Geofisika LIA, Oral Sem Wilar, yang dikonfirmasi suarantb.com, Selasa pagi. “Kondisi terakhir itu bandaranya sudah open, jam 08.00 pagi tadi,” ujar Wilar.
Ia menambahkan, pembukaan kembali LIA dilakukan setelah pihak otoritas LIA memperoleh Notice To Airman alias (Notam) yang diterbitkan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI. Notam merupakan pemberitahuan kepada pilot yang membolehkan adanya aktivitas pendaratan maupun lepas landas di sebuah bandara. “Jadi bandara sekarang sudah dikonfirmasikan dalam kondisi open,” ujar Wilar.

Iklan

Menurut Wilar, pantauan terakhir dari BMKG memperlihatkan bahwa pergerakan abu vulkanik sudah tidak terdeteksi lagi wilayah pulau Lombok. Kondisi ini membuat aktivitas penerbangan bisa dibuka kembali lebih dini.
Sebelumnya, otoritas BIL juga sempat mengeluarkan keputusan menutup aktivitas penerbangan mereka menyusul gangguan abu vulkanik dari erupsi Gunung Barujari. Penutupan awalnya dijadwalkan hingga pukul 10.00 hari ini. Namun, berkat perkembangan positif pagi tadi, penerbangan kini sudah bisa kembali normal. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here