Pabrik Penggilingan Beras Modern Ditargetkan Beroperasi 2021

Kurnia Rahmawati. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pembangunan pabrik penggilingan beras modern atau Modern Rise Milling Plant (MRMP) di Sumbawa sedang berproses. Pabrik yang dibangun di Unter Malang, Kecamatan Lape, ini ditargetkan beroperasi pada pertengahan tahun 2021 mendatang.

Pembangunan MRMP ini juga mendapat dukungan dari Pemda Sumbawa. Harapannya, pembangunan pusat industrialisasi perberasan ini dapat terealisasi. Karena diyakini keberadaannya akan sangat bermanfaat. Tidak hanya dapat menyerap gabah petani, tetapi juga meningkatkan nilai tambah. Di sisi lain juga akan menyerap tenaga kerja.

Iklan

 “Alhamdulillah kami mendapat support luar biasa dari Pemda Sumbawa, dan saat ini masih proses perizinan. Target pertengahan Oktober selesai (perizinan),” kata Kepala Perum Bulog Sub Divre Sumbawa, Kurnia Rahmawati, S.TP kepada Suara NTB, Minggu, 27 September 2020.

Pengerjaan di lapangan, kata Nia, sedang berproses. Ditargetkan pembangunannya  dapat selesai pada pertengahan 2021 mendatang. “Target penyelesaian pembangunan MRMP, Mei 2021 dan commisioning 3 bulan,” terangnya.

Diakuinya, di lapangan sudah dalam pengerjaan topografi dan soil test. Topografi ini untuk memetakan kondisi proyek mulai dari mencari koordinat lokasi dan menggambarkan kontur tanah pada lokasi. Sedangkan soil test, pengujian dengan cara mengebor tanah yang berfungsi untuk mengetahui letak jenis lapisan tanah yang ada dan berfungsi sebagai mencari data untuk merencanakan pondasi bangunan. “Topografi dan soil test sudah termasuk dalam tahap pengerjaan. Insya Allah (beroperasi 2021). Semoga lancar sesuai rencana,” harapnya. (ind)