Otoritas SAR Malaysia Kembali Temukan Dua Jenazah Kapal Tenggelam

Mataram (suarantb.com) – Kapal yang mengangkut Warga Negara Indonesia (WNI) menuju Malaysia tenggelam di Pantai Batu Layar, Johor Malaysia. Kapal yang diduga berangkat secara tidak resmi tersebut tenggelam sekitar pukul 23.00, Sabtu 23 Juli 2016.

Informasi terbaru pagi tadi, Senin 25 Juli 2016 otoritas SAR Malaysia kembali menemukan dua jenazah pria. Dengan demikian total 10 jenazah dan seorang bayi telah ditemukan.

Kapal tersebut berangkat dari Johor menuju Batam dengan mengangkut 62 orang penumpang. Kapal tersebut diduga kuat tenggelam akibat mesin mati. Kapal kemudian dihempas oleh gelombang laut sehingga tenggelam.

Sementara sejauh ini tercatat 34 orang yang berhasil diselamatkan, diketahui berasal dari NTB (10), Jawa Timur (9), Aceh (4), Sumatera Utara (4), NTT (3), Banten (2), Jambi (1), dan Sumatera Barat (1). Hingga saat ini terhitung tinggal 18 penumpang lainnya dalam proses pencarian.

Dari 10 jenazah tersebut, hingga saat ini baru dua jenazah yang berhasil diidentifikasikan secara visual oleh keluarga mereka di Malaysia. Sebagaimana dalam kasus serupa sebelumnya, salah satu tantangan dalam identifikasi adalah kondisi jenazah serta tidak adanya tanda pengenal yang dapat dijadikan rujukan.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah berkoordinasi dengan DVI Polri untuk mengantisipasi kebutuhan bantuan proses identifikasi jenazah. Kemlu juga sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah asal masing-masing korban.

Sementara itu sesuai arahan Menteri Luar Negeri, KJRI telah mengupayakan agar korban dapat segera dipulangkan. Saat ini KJRI sudah menyiapkan dokumen perjalanan bagi para korban. (szr)