Otoritas Pelabuhan Kayangan Sebut Gambar Kapal Terjebak Ombak Besar ‘Hoax’

Mataram (suarantb.com) – Gambar sebuah kapal ferry yang tengah berlayar menuju pelabuhan Kayangan. Yang menunjukkan kapal tersebut terjebak ombak besar. Hingga air masuk ke bagian dek kapal dibantah oleh Manager SDM dan Umum ASDP Kayangan, Jonggi WL Tambunan.

Penegasan itu disampaikannya saat dikonfirmasi suarantb.com melalui telepon, Kamis malam, 9 Februari 2017.

Iklan

“Bisa kita katakan kalau gambar itu hoax. Karena kalau air sudah masuk sampai kesitu, maka bisa dipastikan kapal itu akan tenggelam. Tapi semua kapal kita baik-baik saja,” ujarnya.

Dijelaskan Jonggi, jika air laut sampai memasuki bagian kapal seperti yang beredar di internet saat ini, dapat diartikan bagian bawah kapal yang merupakan bagian yang berisi kendaraan tentu lebih dulu terbenam air laut.

“Di kapal ferry kan ada tempat untuk kendaraan yang disebut cardeck. Di situ juga ada jendela-jendelanya. Kalau air sudah naik seperti di foto itu, pasti mobil-mobil itu sudah terendam dong,” imbuhnya.

Hingga malam ini, pelayaran menuju dan dari pelabuhan Kayangan berlangsung normal. Ketinggian gelombang juga masih normal dan masih memungkinkan untuk penyeberangan kapal ferry. “Kalau sudah setinggi 1,5 sampai 2 meter itu sudah bahaya buat kapal ferry,” tambahnya.

Sama seperti Kayangan, arus penyeberangan di pelabuhan Lembar juga normal dan lancar. Humas ASDP Lembar, Dheny Nurdiana Putra mengatakan ketinggian gelombang mencapai 1,5 hingga 2 meter. Kecepatan angin di tengah laut mencapai 10-15 knot.

“Penyeberangan masih aman, hanya saja Selasa kemarin sempat kita tunda selama empat jam, dari pukul 16.00-20.00 WITA. Karena cuaca dan gelombang tidak memungkinkan untuk pelayaran. Tapi setelahnya kita buka lagi untuk kapal-kapal besar,” terangnya. (ros)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional