Organda Siapkan 671 Angkutan Khusus Saat WSBK

Junaidi Kasum. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi NTB memastikan sudah mempersiapkan sebanyak 671 unit armada yang akan mengangkut wisatawan penonton WSBK dari satu titik ke titik lainnya, atau dari pintu-pintu masuk, menuju Sirkuit Mandalika.

Ketua Organda Provinsi NTB, Junaidi Kasum kepada Suara NTB mengatakan, sesuai permintaan dari Kementerian Perhubungan, kebutuhan armada pengangkut di darat sudah dipenuhi. Junaidi Kasum bersama pengurus Organda lainnya sudah melakukan road show ke kabupaten/kota, mendata kesiapan armada dari masing-masing PO.

Iklan

Dari hasil roadshow ini, terjawab kebutuhan angkutan WSBK. Sebanyak 16 unit angkutan berkapasitas 45 kursi, armada medium 30 unit, Hiace 123 unit. Armada-armada ini, sesuai standar yang diminta, minimal keluaran tahun 2016. “Tapi ada juga yang keluaran tahun 2020, bahkan 2021,” jelas JK, panggilan akrabnya. Sebanyak 171 unit armada berkapasitas penumang di atas 10 orang ini rencananya untuk mengangkut penumpang dari pintu-pintu masuk Pulau Lombok. Diantaranya, dari Bangsal Lombok Utara – KEK Mandalika dan dari Islamic Center (IC) – KEK Mandalika.

Dari Lembar Lombok Barat – KEK Mandalika. Dari Bandara Internasional Lombok – KEK Mandalika. Dari Pelabuhan Kayangan Lombok Timur- KEK Mandalika. Selain itu, Organda juga sudah menyiapkan angkutan sewa khusus (ASK) sebanyak 500 unit. ASK ini diambil dari angkutan-angkutan travel. JK mengatakan, ASK ini akan disiapkan untuk melayani tamu-tamu yang menginap di hotel. Pulang dan pergi armadanya tetap standby.

Selain menyiapkan armada, Organda juga sudah membentuk panitia internal melibatkan masing-masing DPC Organda. Panitia internal ini yang nantinya bertugas memastikan ketersediaan kendaraan di masing-masing pintu masuk. Atau di masing-masing titik pemberangkatan dan kedatangan. Sehingga wisatawan tak kesulitan angkutan. “Skenario pelayanan tamu kita tetap mengacu kepada panitia. Tapi kami buat panitia internal juga. Karena kita harus memberikan pelayanan terbaik. Event ini menyangkut nama baik kita di daerah, bahkan nama baik Indonesia,” demikian JK. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional