Operasi Zebra Rinjani 2020, Pengendara Taat Diberi Penghargaan

Kasat Lantas Polres Lobar, Rita Yuliana saat turun langsung memberikan reward kepada pengendara yang tertib berlalu lintas dan protokol covid-19 dalam operasi zebra gatarin Rinjani, Kamis, 29 Oktober 2020.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Rinjani 2020 di Lombok Barat (Lobar), Satlantas Polres Lobar mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas dan protokol covid-19, pihak Polres memberikan penghargaan (reward) bagi pengendara.

Kasat Lantas Polres Lobar, Iptu Rita Yuliana, S.I.K., M.M., saat memimpin kegiatan operasi pagi, Kamis di Bundaran GMS Gerung, Kamis, 29 Oktober 2020 menyebutkan, kegiatan operasi ini melibatkan Anggota Satlantas Polres Lombok Barat bersama dengan Anggota Brimob,TNI, Pol PP, Dishub, dan Saka Bhayangkara. ”Operasi kali ini lebih kepada kegiatan Preemtif dan Preventif dalam cara bertindak. Sasaran pengendara yang tertib berlalulintas dan menaati protokol kesehatan diberikan reward,” terangnya.

Iklan

Sedangkan untuk yang tidak tertib diberikan himbauan protokol Covid-19 dan perda NTB No 7 thn 2020 dan brosur tertib berlalulintas di Bundaran GMS. “Ini dimaksudkan untuk edukasi   protokol  kesehatan   dan tertib  berlalu  lintas  berupa  bagi  masker, pemasangan stiker, dan seperti yang kita lakukan saat ini, yaitu memberikan reward,” jelasnya.

Adapun reward yang diberikan berupa masker gratis, handsanitizer, serta brosur tentang keselamatan berlalulintas. Rita menjelaskan,  selain melakukan sedukasi melalui stiker maupun brosur, Satlantas memaksimalkan kegiatan penyuluhan kepada Masyarakat.“Di antaranya yang seperti telah dilaksanakan Patroli Humanis Srikandi Zebra dan Penling menggunakan pakaian adat Sasak,” tandasnya.

Adapun himbauan yang disampaikan kepada masyarakat di antaranya tentang Protokol Kesehatan dan Cara aman  Berlalu  Lintas  serta Saling mengingatkan dengan masyarakat yang lainnya.“Di samping kegiatan-kegiatan preemtif, dalam kegiatan preventif seperti dalam kegiatan patroli, selain menyasar lokasi rawan kecelakaan dan kemacetan lalulintas, juga dirangkaikan dengan himbauan tentang protokol kesehatan,” tutupnya. (her)