Operasi Yustisi, Belasan Pelanggar Protokol Ditindak Polisi

Sejumlah pelanggar protokol Covid-19 mendapat sanksi fisik berupa push up dari aparat kepolisian, Jumat, 2 Oktober 2020.(Suara NTB/Polres Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Kepolisian Resor (Polres) Dompu, terus menggencarkan operasi yustisi penegakan hukum bagi pelanggar protokol Covid-19. Kemarin, Jumat, 2 Oktober 2020 kegiatan itu dilaksanakan tepat depan Masjid Raya Baiturrahman. Belasan pelanggar mendapat teguran serta sanksi sosial dan fisik.

Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah kepada Suara NTB, Jumat, 2 Oktober 2020 menyampaikan, penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 ini, tidak saja difokuskan pada wilayah kota. Tetapi semua polsek jajaran di delapan kecamatan, turut menegakkan Perda nomor 7 tahun 2020 tersebut. “Kegiatan ini rutin dan serentak kita lakukan bersama polsek jajaran. Fokusnya penindakan pengguna jalan yang melakukan pelanggaran protocol kesehatan,” ungkapnya.

Iklan

Untuk operasi yustisi dengan melibatkan tim gabungan kali ini, pihaknya berhasil menjaring belasan pelanggar protokol kesehatan. Selain ditegur, beberapa diantaranya mendapat sanksi sosial seperti menyapu sampah di jalan raya, serta sanksi fisik berupa push up.

Jika melihat temuan pelanggar, menurut dia, khusus wilayah kota makin hari sudah semakin menurun. “Kalau di kecematan saya masih belum dapat laporan, nanti pada saatnya kami akan rekap hasil penindakan selama operasi yustisi berjalan,” ujarnya.

Penegakan Perda nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular, dipastikan terus digelar secara intensif. Karena disadari, situasi daerah saat ini sudah kembali pada zona merah dengan puluhan pasien terkonfirmasi positif. Bahkan beberapa diantara mereka telah dinyatakan meninggal dunia.

Disamping penggunaan masker, sasaran utama penindakan kedepan yakni kerumunan massa yang mengabaikan protokol pencegahan Covid-19. “Kita tidak ingin masyarakat banyak yang terpapar, apalagi ditengah pelaksanaan Pilkada ini. Salah satu caranya operasi yustisi setiap hari agar mereka sadar untuk selalu menggunakan masker,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional