Operasi Patuh Jaring Ratusan Ranmor

Dompu (Suara NTB) – Operasi gabungan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Dompu bersama TNI, Dishubkominfo dan Dispenda terhadap pengguna jalan raya berhasil menjaring 100 lebih kendaraan bermotor (ranmor). Baik kendaraan yang terindikasi bodong maupun tidak memiliki kelengkapan surat izin mengemudi dan sebagainya. Angka tersebut terhitung sejak tanggal 9-13 Mei kemarin.

Kasat Lantas Polres Dompu, Iptu Gde Sukarta, SH., mengungkapkan ratusan kendaraan ini merupakan hasil penindakannya di seputar wilayah perkotaan. “Kalau dari hari pertama sampai sekarang sudah ada ratusan lebih kendaraan yang kita tindak,” katanya menjawab Suara NTB di sela operasi pengguna jalan di komplek pasar Dompu, Minggu, 14 Mei 2017.

Iklan

Dari semua jenis kendaraan yang ditindak pelanggarnya masih didominasi pengguna kendaraan roda dua, kebayakan dari mereka tidak menggunakan alat pengaman seperti helm. Sementara untuk roda empat khusus angkutan penumpang ada beberapa unit yang diamankan, alasannya tidak membawa surat-surat kendaraan.

Selain itu tambah dia, operasi ini juga diprioritaskan untuk menindak penggunaan mobil bak terbuka yang memuat orang. “Karena bak terbuka ini sangat membahayakan sekali, jadi tetap akan kita tindak,” tegasnya.

Mengingat saat ini Polres Dompu telah menerapkan e-Tilang, jelas Gde Sukarta, para pengguna jalan yang ditindak bisa langsung membayar denda berdasarkan Pasal yang dilanggar melalui bank setempat. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi menunggu waktu persidangan untuk bisa mengambil kendaraan atau surat-surat yang disita polisi.

“Kecuali mungkin kendaraan yang tidak lengkap surat-suratnya, kita berikan kesempatan untuk melengkapi surat kepemilikannya itu,” jelasnya. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here