Operasi Keselamatan Rinjani 2021, Sanksi Tilang Meningkat

Petugas Ops Keselamatan Rinjani 2021 memberikan sanksi kepada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm saat melintas di Kawasan Tertib Lalu Lintas Jalan Langko, Mataram. (Suara NTB/Humas Polda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Belum sepekan Operasi Keselamatan Rinjani 2021 digelar, pelanggaran lalu lintas sudah terpantau naik 34 persen. Pelanggaran yang mendominasi antara lain pengendara motor tidak memakai helm.

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar menjelaskan bahwa pihaknya memberikan sanksi tilang terhadap pelanggaran yang berpotensi menyebabkan fatalitas kecelakaan. “Sudah ada 301 surat tilang kami berikan kepada pelanggar,” jelasnya, Minggu, 12 April 2021.

Iklan

Kemudian sanksi teguran sebanyak 3.884 kasus. Jumlah sanksi tilang dan sanksi teguran ini tercatat meningkat. “Lebih banyak 34 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020,” sebutnya.

 Noviar mengatakan saat ini juga sedang digelar kampanye safety and responsible riding di Jalan Langko, Mataram. Kampanye untuk menciptakan budaya berkendara yang tertib sesuai lajur jalan yang ditentukan. Kendaraan roda dua di lajur kiri. Kendaraan roda empat di lajur kanan.

Demikian juga dengan upaya pengaturan lalu lintas di titik-titik rawan kemacetan, titik rawan kecelakaan, dan di tempat-tempat keramaian. “Kami juga melakukan himbauan agar pengguna jalan taat aturan lalulintas demi keselamatan mereka,” jelasnya.

Operasi Keselamatan kali ini, sambung Noviar, juga diselipkan kampanye protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebab pandemi belum berakhir meskipun saat ini sedang digenjot program vaksinasi.

“saat personil kami melaksanakan razia, mereka memberi teguran kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, dan kami juga membagikan masker bagi pengendara dan warga yang tidak menggunakan masker,” terangnya.

Noviar berharap kegiatan yang dilakukan dapat menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga keselamatan di jalan, dan juga pentingnya menjaga diri dari ancaman Covid-19. (why)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional