Operasi Jaran Gatarin, 30 Pelaku Kejahatan Ditangkap

Pelaku kejahatan yang ditangkap jajaran Polres Bima Kota selama operasi Jaran Gatarin 2020 belum lama ini. Mereka ditangkap berdasarkan 12 laporan polisi. (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Sebanyak 30 pelaku kejahatan berhasil ditangkap jajaran Polres Bima Kota selama operasi Jaran Gatarin 2020 belum lama ini. Mereka ditangkap berdasarkan 12 laporan polisi.

“Operasi Jaran Gatarin 2020 ada 30 pelaku yang ditangkap berdasarkan 12 laporan polisi,” kata Kapolres Bima Kota,  AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK, saat konferensi pers di Mapolres setempat, Kamis, 27 Februari 2020.

Iklan

Menurutnya dari 30 pelaku yang ditangkap tersebut, sebanyak 24 pelaku dewasa dan enam pelaku anak-anak atau di bawah umur. Mereka merupakan pelaku Curat, Curat dan Curanmor serta penadah motor.

Haryo Tejo mengungkapkan dari operasi tersebut, pihaknya menyita beberapa barang bukti (BB), seperti sebanyak 10 unit sepeda motor hasil curian dua  ekor kambing dan satu gelang emas 10 gram, hasil kejahatan.

“Kemudian ada juga BB berupa Kunci letter dan senjata tajam (Sajam) yang digunakan para pelaku saat melakukan aksi kejahatan,” katanya.

Ia menambahkan modus operandi yang sering digunakan para pelaku dalam aksinya, seperti dalam kasus Curanmor biasanya menggunakan Kunci letter atau dengan merusak kunci sepeda motor. “Kasus Curanmor yang berhasil diungkap ini, pelakunya didominasi anak dibawah umur,” katanya.

Haryo Tejo menambahkan operasi Jaran Gatarin 2020 untuk meminimalisir kasus kejahatan konvesional, salahsatunya Curanmor yang marak terjadi di wilayah hukum Polres Bima Kota. Ia mengimbau masyarakat agar menggunakan kunci ganda agar terhindar dari pencurian. “Setelah operasi ini, kita juga akan meningkatkan patroli rutin,” pungkasnya. (uki)