OPD Belum Punya Inovasi

H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

HINGGA pertangahan Juli, baru 23 organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB yang telah menginput data inovasi daerah. Sedangkan 25 OPD masih belum punya inovasi.

Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., mengatakan OPD yang belum punya inovasi masih diberikan kesempatan sampai 13 Agustus mendatang. ‘’Sedang kita minta. Tetap kita minta OPD-OPD untuk segera mencari ide, gagasan,’’ kata Gita dikonfirmasi di Mataram, Jumat, 16 Juli 2021.

Iklan

Data yang diperoleh Suara NTB, 25 OPD yang belum punya inovasi antara lain BKD NTB, BPBD NTB, BPKAD NTB, BPSDM NTB, Badan Penghubung Daerah, Biro Administrasi Pembangunan, Biro Administrasi Pimpinan, Biro Hukum, Biro Kesra.

Selanjutnya, Pemerintahan dan Otda, Biro Perekonomian, Dinas ESDM, Dinas Pariwisata, Dinas PUPR, DP3AP2KB, Dispora, DPMPTSP. Kemudian, Disperkim, Disnakeswan, Disnakertrans, RS H. L. Manambai Abdulkadir, Satpol PP, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD dan Rumah Sakit Mata.

Sekda meminta OPD yang belum punya inovasi segera mencari ide dan gagasan. Karena masih ada kesempatan sampai 13 Agustus mendatang. Ditanya penyebab banyaknya OPD yang belum punya inovasi, Sekda mengatakan bisa jadi mereka sudah punya inovasi tahun sebelumnya.

“Kita lihat case by case. Tapi terus kita dorong OPD untuk menginput. Karena masih ada waktu sampai Agustus. Teman-teman berproses juga,” katanya.

Meskipun ada puluhan OPD yang belum punya inovasi, lanjut Sekda, posisi sementara di tingkat nasional, peringkat NTB terus naik. “Sudah ada perbaikan. Tapi bukan kita lengah, terus kita dorong OPD,” tandasnya.

Sementara itu, 23 OPD yang sudah menginput inovasi antara lain Bakesbangpoldagri NTB, Bappenda, Bappeda, Biro Organisasi, Biro Pengadaan Barang dan Jasa. Kemudian, Biro Umum, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan.

Selanjutnya, Diskominfotik NTB, Diskop UKM, Dinas LHK, DPMPD Dukcapil, Dinas Dikbud, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Sosial, Inspektorat, RSJ Mutiara Sukma, RSUD NTB dan masyarakat/NGO.

Sebagaimana diketahui, indeks inovasi daerah (IID) NTB pada tahun 2020 peringkat terendah secara nasional. NTB menduduki posisi nomor buncit karena banyak inovasi yang tidak diinput ke sistem yang telah disiapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional