Bakal Gelar MotoGP, Polres Loteng Segera Naik Kelas?

Budi Santosa. (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Polres Lombok Tengah (Loteng) saat ini tengah dalam proses pengusulan kenaikan tipe. Dari Polres tipe C ke tipe B. Menyusul bertambahnya beban tugas yang harus dipikul Polres Loteng. Dengan keberadaan sejumlah objek vital nasional di daerah ini. Salah satunya, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, yang di tahun 2021 mendatang bakal mulai menggelar event balap dunia MotoGP.

“Usulan sudah disampaikan ke Mabes Polri. Tinggal menunggu persetujuan dari Menpan RB,” ungkap Kapolres Loteng, AKBP Budi Santosa, SIK.M.H., kepada Suara NTB, Sabtu, 11 Januari 2020.

Baca juga:  Jalur LIA-KEK “Dikeroyok” Tiga Kontraktor

Dengan kenaikan tipe tersebut, tentu akan ada beberapa peningkatan dari Polres Loteng. Terutama dari sisi jumlah personel, pastinya akan bertambah. Dari yang ada sekarang sekitar 900 personel menjadi sekitar 1.300 personel. Karena memang standar jumlah personel untuk polres tipe B memang seperti itu.

“Dari aspek kepangkatan pejabat-pejabatnya juga ikut berubah. Untuk jabatan Kapolresnya nantinya tidak lagi dijabat polisi berpangkat AKBP. Tapi sudah berpangkat Komisari besar (Kombes). Termasuk jajaran di bawahnya juga menyesuaikan,” terangnya.

Kenaikan tipe Polres Loteng tersebut, jelas Budi juga akan diikuti dengan peningkatan tipe dari beberapa Polsek. Salah satunya, Polsek Kuta. Nantinya akan menjadi Polsek khusus kawasan Mandalika. Dengan pangkat Kapolseknya menjadi Kompol. Termasuk juga Sub Sektor LIA akan naik kelas menjadi Polsek kawasan bandara.

Baca juga:  Dari Tenaga Teknis hingga Koordinator Balapan, MGPA Siapkan Rekrutmen Naker MotoGP

Tapi yang paling penting dari peningkatan tipe tersebut, tegasnya, ialah bagaimana agar kinerja kepolisian bisa ikut meningkat. Seiring dengan tuntutan dan beban tugas yang semakin berat. Mengingat, banyak objek-objek vital nasional yang tentunya butuh pengamanan. Seperti bandara maupun kawasan The Mandalika.

Baca juga:  Maret, Konstruksi Besar Sirkuit MotoGP Mandalika Dimulai

“Dengan peningkatan tipe tersebut, menandakan kalau beban tugas yang dipikul semakin berat dan banyak,” timpal Budi. Sehingga peningkatan tipe tersebut juga harus diimbangi dengan peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Kapan kenaikan tipe terlaksana? Budi berharap tahun ini sudah terwujud. Tim penilai dari Mabes Polri sudah turun melakukan penilaian. Dan, hasilnya Polres Loteng dinyatakan layak untuk naik kelas.

“Kita menunggu keputusan pusat. Tapi berharap tahun ini Polres Loteng sudah baik tipe,” pungkas mantan pejabat Propam Mabes Polri ini. (kir)