Dompu Berharap Jadi Pusat Pelatda PON Tarung Derajat NTB

0
1
Abdul Khair. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pengurus tarung derajat Dompu mengusulkan Pelatda PON cabang olahraga tarung derajat  tahun 2020 dipusatkan di Dompu. Usulan itu disampaikan pengurus tarung derajat Dompu dengan pertimbangan atlet asal Dompu paling banyak yang  lolos PON XX Papua tahun 2020.

“Kita mengusulkan  pelaksanaan Pelatda PON tarung derajat dapat dipusatkan di Dompu, karena jumlah atlet tarung derajat  NTB yang lolos PON paling banyak berasal  dari Dompu,” ucap Ketua Pengcab Kodrat Dompu, Abdul Khair kepada Suara NTB di Dompu belum lama ini.

Abdul Khair yang juga pelatih tarung derajat NTB  menjelaskan bahwa hasil Pra-PON tarung derajat yang berlangsung di Jawa Barat (Jabar) tahun 2019, kontingen NTB yang diperkuat 20 atlet meloloskan enam atlet mengikuti PoN 2020. Mereka adalah Juliana Dewi Amelia (dompu), Suryati (dompu), Munawir (dompu), Dedi Iswari (loteng), Murdani (Dompu)  dan Kurniawan (Sumbawa).

Dari sebanyak enam atlet yang lolos PON terdapat sebanyak empat atlet asal Dompu, yakni Juliana peraih medali emas, Munawir (perak),Suryati (perak) dan Murdani (play off). Sementara sisa dua atletnya Dedi Iswari berasal dari Loteng dan Kurniawan dari Loteng dan Sumbawa.

Menurut Abdul Khair, bila dilihat dari banyaknya atlet asal Dompu yang akan memperkuat tim tarung derajat NTB di PON di Papua tahun 2020 sangat layak Dompu dijadikan pusat Pelatda PON tarung derajat. Alasan pihaknya mengusulkan Dompu jadi tempat Pelatda PON tarung derajat NTB supaya mempermudah proses latihan  atlet-atlet asal Dompu yang lolos PON.

“Saya rasa Dompu sangat layak menjadi tempat Pelatda PON tarung derajat NTB. Karena selain atlet yang lolos PON banyak berasal dari Dompu, juga didukung oleh pengurus KONI Dompu,” ucapnya.

Bukti dukungan pengurus  KONI Dompu terhadap pelaksanaan Pelatda PON tarung derajat di Dompu, kata Khair ketua KONI Dompu siap menjadi Manajer tim PON cabor tarung derajat. “Ketua KONI Dompu siap jadi Manajer tim tarung derajat PON NTB bila Dompu dipilih sebagai tempat Pelatda PON tarung derajat,” akunya. (fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here