Atlet NTB Persembahan Lima Emas SEA Games 2019 untuk Indonesia

Haeril Anwar alias Oney Anwar Lakey Peak Dompu (atlet selancar) asal NTB yang meraih medali emas SEA Games 2019. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kiprah atlet NTB di SEA Games 2019 benar-benar membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Pasalnya, sebanyak 12 atlet asal NTB yang tampil di multi event olahraga tingkat Asia Tenggara  itu berhasil menyumbangkan 5 emas dan 1 perak.

Perolehan lima emas dan satu perak itu masih bersifat sementara, sebab atlet asal NTB masih berpeluang menambah pundi-pundi medali untuk Indonesia.

Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto yang dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya, Minggu, 8 Desember 2019 mengatakan lima medali emas yang dipersembahkan atlet NTB  untuk Indonesia diraih oleh Ahmad Zigi Zaresta Yuda di kelas Kata (jurus) perorangan, Safwaturahman di nomor lompat jauh dengan jauh lompatan 08.03 meter.

Selanjutnya, tambahan tiga emas lagi diraih Danangsyah di cabang olahraga voli pasir putra, One Anwar di cabang olahraga selancar/surfing putra dan Ahmad Rifqi Mukhlisin di cabang olahraga menembak.

Baca juga:  Target Satu Emas, Menembak Butuh Dukungan Dana

Rifqi meraih hasil terbaik dalam empat seri tembakan dengan meraih 350 poin (90,90,70, 100), mengalahkan atlet sesama Indonesia, Aubrey Rasendriya yang menempati posisi kedua dengan 350 poin ( 80,90,100, 80). Medali perunggu direbut petembak tuan rumah, Filipina, Diogenes Avila dengan 300 poin (80,80, 70,70).

Sementara itu satu medali perak diraih oleh Putu Dini Jasita dan Dita Juliana di voli pasir putri. Selain meraih lima emas dana satu perak atlet asal NTB masih berpeluang menambah perolehan medali emas  Indonesia. Pasalnya, masih ada tiga atlet asal NTB yang bertanding di balap sepeda BMX dan tinju.

Baca juga:  Delapan Atlet Tenis Resmi Lolos PON

“Mohon doa untuk dua atlet tinju asal NTB, Endang (48 Kg) dan Huswatun (60) serta atlet balap sepeda I Gusti Bagus Saputra yang tanding di balap sepeda BMX,” harap Andy yang juga ikut menyaksikan atlet NTB yang tanding di SEA Games 2019.

Lanjut Andy, raihan lima emas  atlet NTB di SEA Games 2019 telah membuat  rekor baru perolehan medali emas atlet NTB di level SEA Games. Dimana pada SEA Games 2017 di Malaysia atlet asal NTB mempersembahkan satu emas dari atlet balap sepeda BMX, I Gusti Bagus Saputra, satu perak, Ahmad Zigi Zaresta Yuda (karate) dan dua perunggu (atletik).

“Satu-satunya emas diraih atlet  balap sepeda NTB, I Gusti Bagus Saputra di SEA Games 2017,” jelasnya. (fan)