Lagi, Atlet NTB Persembahkan Emas SEA Games untuk Indonesia

Ahmad Zigi Zaresta Yuda.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Impian Ahmad Zigi Zaresta Yuda mengharumkan nama Indonesia lewat multi event olahraga Asia Tenggara akhirnya terwujud juga. Atlet asal Lombok Barat (Lobar) ini berhasil mempersembahkan medali emas untuk tim merah putih di SEA Games di Manila, Filipina, Sabtu, 7 Desember 2019.

Ahmad Zigi Zaresta Yuda yang tampil mewakili kontingen Indonesia berhasil mempersembahkan satu keping medali emas usai menjuarai kelas Kata (jurus) putra di SEA Games 2019.

Sekum Federasi Olahraga Karateka Indonesia (FORKI) NTB, Akhwan Avianto yang dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya, Sabtu, 7 Desember 2019 mengatakan capaian prestasi Zigi di SEA Games benar-benar membanggkan FORKI NTB. Sebab Zigi telah membuat sejarah karena telah menjadi karateka NTB yang pertama sukses mendulang medali emas di SEA Games.

Baca juga:  100 Atlet NTB Lolos PON

“Sebagai pengurus perasaan kami pasti bangga. Zigi telah membanggakan Nama bangsa Indonesia lewat prestasi olahraga di kancah internasional,” ucapnya.

Dijelaskannya, persembahan medali emas di SEA Games merupakan impian Zigi sejak lama. Sebab sebelumnya Zigi hampir mendulang medali emas di SEA Games Malaysia 2017. Namun Zigi hanya bisa tampil sebagai peringkat dua di event tingkat Asia Tenggara itu.

Ia berharap prestasi Zigi di SEA Games 2019 dapat menjadi motivasi atlet-atlet NTB lainnya, sebab atlet NTB juga punya kemampuan untuk menorehkan prestasi di level dunia. Sementara itu Zigi diharapkan dapat terus meningkatkan prestasi di level internasional sebab target utama Zigi adalah lolos Olimpiade 2020.

Zigi sendiri telah mengikuti beberapa event tingkat dunia sebelum tampil di SEA Games 2019. Terakhir Zigi tampil di World Beach Games di Doha Qatar awal Oktober tahun 2019 dan meraih peringkat lima besar.

Baca juga:  Delapan Atlet Tenis Resmi Lolos PON

Meski gagal di event itu namun NTB patut berbangga sebab Zigi menjadi satu dari belasan atlet Indonesia yang diterjunkan dalam perhetalan olahraga dengan medium pasir itu.

Dari pengalaman mengikuti event- event dunia itu menambah kepercayaan Zigi tampil di SEA Games, dan hasilnya sesuai target yakni meraih medali emas. Selain meraih medali emas dari Zigi, di hari yang sama tim karate Indonesia juga berhasil merebut medali emas lewat Kata putri atas Nama Krisda Putri, serta Medali Perunggu di kelas kumite -55 putri atas nama Maya Sheva. (fan)