KONI Sumbawa Perjuangkan Pembangunan Sirkuit Balap

Ilustrasi Sirkuit Balap Motor (suarantb.com/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Ketua KONI Sumbawa, Syamsul Fikri AR, akan memperjuangkan pembangunan sirkuit balap permanen di Sumbawa. Setelah melihat ajang balap motor motoprix seri 3 tahun 2019 Kapolda Cup bersama Polres Sumbawa yang masih menggunakan jalan umum di jalan Yos Sudarso simpang PLN Kabupaten Sumbawa, Sabtu,  29 September 2019.

Program KONI menurut Fikri salah satunya menyediakan sarana dan prasarana para cabor. Pihaknya saat ini sedang berupaya untuk mengadakan lokasi latihan dan event yang representatif bagi beberapa cabor. Selain sirkuit balap untuk IMI, juga lokasi latihan panah untuk Cabor Perpani dan lapangan menembak untuk Perbakin.

Salah satu alternatif lahan yang akan digunakan, lanjut Wakil Ketua DPRD Sumbawa ini, pemanfaatan lahan Pemkab seluas 20 hektar di di Labuhan Badas Sumbawa, yang dulunya diperuntukkan bagi STIP.

“Saya akan berkomunikasi dengan Pak Bupati.  InsyaAllah dengan analisa yang baik, maka yang 20

hektar itu bisa kita gunakan. Nanti apakah 2 hektar untuk IMI, 1 hektar untuk perbakin, dan 1 hektar Perpani, sisanya milik Pemkab. Kita perjuangkan bersama sama,” terangnya. Ia juga meminta dukungan dari Korwil IMI Sumbawa, Perbakin dan Perpani. Serta mengparesiasi event motor motoprix seri 3 tahun 2019 ini. Apalagi antusiame peserta dan masyarakat yang cukup tinggi.

Sebelumnya, Korwil IMI Sumbawa, Kaharuddin berharap kepada KONI dan Pemkab Sumbawa berharap dapat menyediakan sirkuit permanen untuk balapan. Mengingat kegiatan yang dilaksanakan ini masih menggunakan jalan umum.

Kapolres Sumbawa, AKBP Tunggul Sinatrio meyakini kegiatan yang diselenggarakan ini sangat positif. Kedepannya diharapkan Kabupaten Sumbawa ini bisa dibangun sirkuit yang lebih representatif. Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Inf Samsul Huda juga menyatakan, kegiatan ini wahana berprestasi sekaligus hiburan bagi masyarakat. Diharapkan tidak ada efek negatif dari kegiatan ini, artinya masyarakat tidak menggunakan knalpot racing dengan suara keras di jalanan umum, selain di sirkuit balapan. (arn)