Mencari Zohri yang Baru, Polda NTB Gelar Kejuaraan Atletik Kapolda NTB Cup

Wakil dari Polres Lombok Utara menerima piala sebagai juara umum dari kapolda NTB, Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana. (Suara NTB/humaspoldantb)

Mataram (Suara NTB) – Sukses Lalu Mohammad Zohri menorehkan prestasi di ajang kejuaraan atletik dunia menjadi pematik Polda NTB mencari Zohri – Zohri baru yang akan melanjutkan perjuangan manusia tercepat di Asia itu. Bekerjasama dengan PASI NTB, Polda NTB menggelar kejuaraan atletik Kapolda NTB Cup 2019.

Acara yang dirangkai dengan HUT Bhayangkara ke 73 ini menghadirkan peserta dari seluruh kabupaten dan kota di NTB bekerjasama dengan PASI NTB digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Turida Mataram, Senin, 8 Juli 2019 kemarin.

Jumlah peserta tingkat SMP putra putri yang mengikuti kejuaraan ini sebanyak 395 atlet. Kemudian peserta untuk tingkat SD sebanyak 518 atlet putra dan putri. Selanjutnya untuk peserta yang berasal dari Polri sebanyak 61 peserta.

Turut hadir dalam acara penutupan lomba atletik, Waka Polda NTB dan PJU Polda NTB, Kepala BNN, Kabinda NTB, Danrem 162/WB, Danlanud Rembiga, Danlanal Mataram dan Ketua PASI NTB serta perwakilan Kapolres se-NTB.

Kapolda NTB, Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana, AS, MM yang menyaksikan kejuaraan ini mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mencari bibit-bibit atlet penerus Lalu Mohammad Zohri dan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73.

‘’Lalu Zohri telah membuktikan NTB adalah gudangnya para atlet. Maka di sini sekarang kita mencari bibit-bibit baru seperti Zohri yang akan mengharumkan nama NTB,’’ katanya.

Dia berharap dengan digelarnya ajang-ajang seperti ini dapat menjadi pematik untuk NTB bisa memunculkan pelari-pelari baru yang berbakat. ‘’Kita harapkan Zohri -Zohri baru akan muncul dari kejuaraan Kapolda NTB Cup 2019 ini,’’ ungkapnya.

Kapolda NTB juga menyampaikan banyak bibit-bibit yang dapat dikembangkan. Namun menjadi juara tidak mudah dan membutuhkan latihan fisik yang cukup dan masing-masing peserta sudah memiliki talenta menjadi juara. Kapolda NTB juga mengucapkan selamat bagi para juara baik juara I, II dan III. Untuk ke depan katanya, akan tetap dilaksanakan dengan melibatkan TNI dan instansi terkait lainnya untuk katagori dewasa.

Dalam kejuaraan ini, para pelari dari Polres Lombok Utara menjadi juara umum pada ajang ini dengan perolehan dua medali emas, tiga medali perak dan empat medali perunggu.

Berikut daftar juara lomba atletik menurut kategorinya, pertama dari katagori Polri golongan I jarak 100 meter  juara I Bripda Ikhwan Zuhdi Ditsamapta. Juara II Bripda M. Irawan Satbrimob dan juara III Bripda Apriyan dari  Biro SDM.

Sedangkan untuk golongan II juara I diraih oleh Bripka L. Mahrun Ditlantas, juara II Aipda I Gusti Ngurah, juara III Aipda Joni Hari.

Untuk kategori lari estapet campuran Polki-Polwan juara I diraih oleh Ditsamapta. Juara II Polres Lobar dan juara III Polres Lotim.

Untuk kategori SMP putra juara I Dicky Maulana (SMPN 1 Mataram). Juara II Bujangga Trigading (SMPN 1 Mataram) dan  juara III, L. Husnadi (SMPN 1 Pemenang). Kategori SMP putri juara I diraih oleh Tupliatin (SMPN 6 Bima Kota), juara II, Joti Wardani (SMPN 1 Gangga) dan juara III, Anggun Septi (SMPN 1 Bima Kota).

Kategori estapet putra tingkat SMP, juara I diraih oleh pelari Mataram, juara II diraih pelari dari Lobar dan  juara III diraih Kabupaten Lombok Utara. Sedangkan kategori estapet putri juara I diraih pelari Dompu, juara II diraih tim dari Kabupaten Lombok Utara dan juara III dari Kota Mataram.

Untuk kategori SD putra jarak 60 meter juara I diraih oleh Heriawan (SDN 2 Kayangan). Juara II, Ariski Nolobi (SD Lombok Utara) dan juara III, Ruslan (SDN 5 Bayan). Kemudian untuk katagori SD putrid, juara I diraih oleh Julian Lestari (SDN 1 Tanjung). Juara II, Viona Dasmayanti (SDN 5 Alas) dan juara III diraih oleh Liza Melani (SDN 1 Tanjung). (r)