Perbaikan Lintasan Atletik, NTB Usulkan Rp12 Miliar

Kadispora NTB, Hj. Husnanidyati Nurdin (kiri) memantau pembangunan Joging Track di GOR 17 Desember Turide Mataram, Rabu, 26 Juni 2019. (Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB akan membenahi  kerusakan Lintasan Atletik GOR 17 Desember Turide Mataram. Perbaikan lintasan olahraga  lari berbahan dasar karet sintetis itu akan menelan anggaran sebesar Rp12 Miliar.

Kepala Dispora NTB, Hj. Husnanidyati Nurdin yang ditemui Suara NTB disela-sela memantau pembangunan Joging Track GOR 17 Desember Turide Mataram, Rabu, 26 Juni 2019 mengatakan anggaran pembangunan lintasan atletik sudah diajukan oleh pihaknya ke Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tahun ini. Harapannya anggaran perbaikan arena olahraga atletik itu dapat direalisasikan tahun depan.

“Kita sudah mengusulkan anggaran perbaikan lintasan atletik GOR  kepada kementerian pemuda dan olahraga tahun ini. Besar anggaran yang kamu ajukan sebesar Rp12 Miliar,” ucapnya.

Dana Rp12 Miliar itu tidak saja untuk perbaikan lintasan lari, namun diperuntukan juga untuk membangun tambahan lintasan dan  beberapa  fasilitas penunjang untuk nomor atletik lainnya. Seperti menambah  fasilitas nomor tolak peluru, lempar lembing dan nomor atletik lainnya yang menjadi nomor unggulan NTB.

Husnanidyati Nurdin yang biasa disapa Eni mengatakan sebelumnya pihaknya sudah melakukan upaya perbaikan lintasan dengan cara menambal bagian-bagian yang rusak. Namun kata Eni, perbaikan dengan cara menambal bagian yang rusak tidak efektif, dan tak dapat  bertahan lama.

“Tahun lalu kita sudah memperbaiki lintasan dengan menempel bagian lintasan yang terkelupas. Namun tidak cukup baik dan menimbulkan kerusakan bagian lain,” jelasnya.

Menurut Eni, perbaikan lintasan atletik harus dilakukan secara menyeluruh. Dalam hal ini semua karet lintasan atletik yang ada saat ini harus dibongkar dan digantikan dengan karet  yang baru. Selain itu lintasan yang berjumlah enam lintasan  juga akan diperlebar menjadi delapan lintasan.

Sebagaimana diketahui bahwa kerusakan lintasan atletik GOR sudah  meluas. Bagian dasar lintasan telah membentuk gelembung kecil yang menyerupai gunung-gunung kecil. Kerusakan lintasan tersebut sangat menggangu atlet NTB yang tengah melaksanakan Pelatda persiapan mengikuti Pra-PON 2019 dan PON di Papua tahun 2020.

Wakil Ketua Komisi V DPRD NTB, H.MNS. Kasdiono juga mendesak Dispora NTB untuk segera membenahi lintasan atletik tersebut. Pasalnya lintasan tersebut  digunakan untuk kegiatan latihan atlet atletik persiapan atlet mengikuti PON/2020. Para atlet atletik butuh fasilitas latihan yang memadai guna merealisasikan target NTB meraih 17 medali emas di PON XX di Papua tahun 2020. (fan)