Dispora NTB Diminta Benahi Lintasan Atletik

Ketua KONI NTB, H. Andy Hadianto berpose di Lintasan Atletik GOR 17 Desember Turide Mataram belum lama ini. Tampak lintasan atletik rusak dengan membentuk benjolan seperti gunung-gunung kecil. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kerusakan lintasan atletik GOR 17 Desember Turide Mataram makin meluas. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB diminta segera membenahi lintasan olahraga atletik berbahan dasar sintetis itu. Agar, sarana olahraga itu dapat menunjang kegiatan latihan atlet Pelatda Mayung 2019.

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD, H. MNS. Kasdiono ketika ditemui Suara NTB di ruang kerjanya,  Senin, 24 Juni 2019. “Kerusakan lintasan itu menjadi tanggungjawab Dispora NTB. Mestinya dengan adanya Dinas yang menangani khusus sarana dan prasarana olahraga, maka sarana olahraga di NTB  lebih baik dan terawat,” ucapnya.

Dikatakannya, kondisi sarana olahraga yang baik tentu akan ada korelasinya dengan prestasi olahragawan di NTB, karena dengan sarana olahraga yang baik dapat menunjang iatlet-atlet NTB berprestasi dunia.

Kasdiono mencontohkan, atlet-atlet atletik  terbaik NTB, seperti Lalu Muhammad Zohri, Iswandi, Fadlin dan atlet lainnya yang sukses menorehkan prestasi di level nasional hingga dunia lahir dari lintasan atletik itu sendiri.

Menurut Kasdiono, proses kegiatan latihan tanpa didukung sarana olahraga yang baik mustahil atlet NTB bisa berprestasi nasional. Oleh karena itu kata Kasdiono tugas Dispora NTB menyiapkan dan mematikan sarana dan sarana olahraga di NTB baik.

Diakui Kasdiono, membangun sarana olahraga itu tidak mudah karena membutuhkan anggaran relatif besar. Dicontohkan Kasdiono pembangunan lintasan atletik GOR Turide Mataram sebelumnya menghabiskan anggaran sebesar Rp7,5 Miliar.

Selain membangun, yang lebih sulit lagi adalah

merawat sarana olahraga itu sendiri. “Dulu waktu saya jadi ketua KONI, kami diberi tugas mengelola  GOR Turide Mataram. Saya ingat betul kita merawat lintasan atletik GOR seperti merawat anak bayi. Kalau ada kegiatan sepak bola di lapangan, kami haruskan mereka (penyelenggara Sepak Bola) menggelar terpal di area lintasan. Hal itu dilakukan agar lintasan tidak mudah rusak diinjak oleh sepatu atlet sepak bola,” jelasnya.

Menurut Kasdiono, dengan adanya SKPD yang menangani khusus bidang  olahraga seharusnya sarana olahraga di NTB harus lebih baik dan terawat. Dalam hal ini, terkait rusaknya lintasan atletik tersebut pihaknya meminta Dispora NTB sebagai SKPD khusus yang membidangi olahraga untuk segera membenahi lintasan sintetis tersebut. “Tugas Dispora NTB memastikan sarana olahraga lebih baik,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kabid Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dispora NTB,  Lalu Fatanah membenarkan lintasan sintetis GOR 17 Desember Turide Mataram rusak. Pihaknya tengah mencarikan anggaran untuk perbaikan Lintasan tersebut. “Sekarang (Dispora NTB) lagi mencarikan anggaran perbaikan lintasannya. Rencananya akan dibuat proposal  ke pusat untuk anggaran,” ucapnya.

Kadispora NTB, Hj. Husnanidyati Nurdin juga pernah  menyampaikan bahwa pihaknya tengah mencarikan anggaran perbaikan lintasnya tersebut. Husnanidyati Nurdin  menginginkan lintasan tersebut diperbaiki secara menyeluruh, sekaligus menambah jumlah sarana latihan, seperti sarana latihan tolak peluru, lempar lembing dan lain sebagainya akan dibangun. (fan)