Fasilitas Bertanding di Porprov NTB Perlu Diprioritaskan

Wakil Ketua Komisi V DPRD NTB, H. MNS. Kasdiono (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kalangan DPRD NTB menyoroti sejumlah persoalan yang dihadapi menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB tahun 2018 ini. Salah satunya adalah fasilitas bertanding dari setiap cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprov. Lintasan atletik yang rusak dan bergelombang adalah salah satu prioritas yang perlu diperhatikan.

Penilaian itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V (Bidang Olahraga) DPRD NTB, H. MNS. Kasdiono, SH, yang dikonfirmasi Suara NTB baru-baru ini.

Kasdiono menegaskan, pihaknya saat ini melihat dinamika penyelenggaraan Porprov NTB perlu diseimbangkan. “Dinamika Porprov ini jangan hanya fokus pada aspek penyelenggaraannya saja,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini dana untuk penyelenggaraan Porprov NTB dikelola oleh KONI NTB. Sementara, anggaran untuk perbaikan fasilitas penunjang pelaksanaan Porprov dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTB. Kedua unsur ini, menurutnya perlu bergerak berbarengan agar Porprov NTB bisa berjalan dengan maksimal di tengah keterbatasan.

Kasdiono mengakui bahwa saat ini, terdapat sejumlah fasilitas pendukung kompetisi yang masih rusak atau bermasalah. “Contoh lintasan atletik. Itu sangat vital karena merupakan cabor unggulan kita,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Baca juga:  Lagi, Atlet NTB Persembahkan Emas SEA Games untuk Indonesia

Fasilitas lain yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan tribun untuk lapangan voli pasir. Selain itu, juga berkaitan dengan pengamanan dan suasana di GOR 17 Desember di Turide.

“GOR itu kan dari dulu hingga sekarang itu selalu kalau malam kurang begitu sedap ditonton. Apa yang terjadi di dalam kami tidak tahu. Itu sarana olahraga tapi isinya kurang bagus kalau ditonton saat malam,” ujar Kasdiono.

Kasdiono menilai, sejauh ini Dikpora dan KONI memang telah mencapai sejumlah kemajuan dalam persiapan Porprov. Sejumlah fasilitas, seperti di Gelanggang Pemuda, sudah dibenahi, meski masih banyak pula yang masih perlu pembenahan.

Terkait lintasan atletik yang rusak, Kabid Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pemuda dan  Olahraga (Dispora) NTB, Lalu Fatanah, Minggu, 7 Oktober 2018 lalu mengatakan, lintasan atletik yang rusak sudah mulai diperbaiki. Perbaikan lintasan itu akan menelan anggaran sebesar Rp 150 juta.

Hal itu diungkapkan oleh Lalu Fatanah,  ketika dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya. “Lintasan atletik GOR 17 Desember Turide Mataram sudah mulai diperbaiki. Anggaran untuk perbaikan sebesar Rp 150 juta,” ungkapnya.

Baca juga:  Nurul Persembahkan Tiga Emas untuk Indonesia

Dikatakan Fatanah, perbaikan lintasan atletik GOR 17 Desember Turide Mataram dengan cara menambal sulam. Dalam hal ini, pihak Dispora NTB akan memperbaiki bagian lintasan yang rusak yang merupakan benjolan kecil.

“Bagian-bagian yang rusak akan diperbaiki. Dalam hal ini bagian-bagian yang sudah terkelupas akan diberikan lem perekat agar bisa menyatu lagi dengan lantai,” ungkapnya.

Menurut Fatanah pengerjaan lintasan itu diupayakan selesai sebelum pelaksanan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB 2018, sehingga lintasan  dapat digunakan untuk pertandingan atletik Porprov NTB yang diselenggarakan di Mataram, 9-17 Desember 2018.

Sementara itu pantauan Suara NTB di lokasi, Minggu, 7 Oktober 2018, tidak ada aktivitas pekerja. Namun demikian, di lintasan lurus jarak 100 meter, sudah terlihat beberpa bagian yang ditambal. Selanjutnya, di bagian pojok memang belum dibenahi. Kata Fatanah, perbaikan lintasan baru di lintasan lurus, sementara bagian lainnya dilanjutkan hingga Jumat mendatang.

“Pokoknya, sebelum pelaksanaan Porprov NTB lintasan sudah beres. Hari Senin mulai dikerjakan lagi,”jelasnya. (aan)