Mandalika Marathon, TNI Siapkan Hadiah Rp10 Miliar

Praya (Suara NTB) – Lomba lari Marathon Internasional The Mandalika yang digelar dalam rangka HUT TNI ke 73, bulan September mendatang bakal menjadi event paling tajir se-Indonesia. Bukan hanya dari sisi jumlah peserta yang diperkirakan bakal mencapai 10 ribu orang. Tetapi juga dari sisi hadiah yang disiapkan TNI, selaku penyelanggara event bertajuk The Indonesian National Armed Forces International Marathon (TINAFIM) tersebut.

“Total hadiah yang dipersiapkan untuk event internasional ini mencapai sebesar Rp 10 miliar,” ungkap Koordinator Publikasi dan Humas TINAFIM, Kol. Inf. Kristomei Sianturi, di kantor Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Kuta, Selasa, 3 Juli 2018.

Usai rapat persiapan TINAFIM, Sianturi mengatakan, di Indonesia saat ini ada beberapa lomba lari internasional. Di antaranya Jakarta Marathon dan Bali Marathon. Namun hadiah yang diperebutkan tidak sebesar TINAFIM, begitu pula dari sisi jumlah pesertanya.

“Ini untuk pertama kalinya kita (TNI) menggelar event lari internasional. Dan, langsung menjadi event dengan total hadiah yang paling besar. Bahkan hadiah yang disiapkan pada event internasional ini sama dengan total hadiah pada Boston Marathon. Lomba lari marathon paling tua di dunia,’’ klaimnya.

Pihaknya berharap, dengan besarnya hadiah yang disiapkan tersebut bisa mengundang minat para pelari internasional untuk ikut berpartisipasi. Termasuk para pelari nasional, diharapkan bisa ikut ambil bagian pada kegiatan yang dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut.

Ia menjelaskan, sejak pendaftaran peserta dibuka secara online sejak tanggal 9 Juni, sudah ada 3 ribu lebih peserta yang mendaftar, baik itu peserta luar negeri maupun dalam negeri. Di antaranya, pelari marathon asal Kenya, Etiopia, Malaysia sampai pelari asal Amerika. “Untuk negara terdaftar, sejauh ini sudah ada 9 negara terdaftar,” terangnya.

Lebih lanjut, Sianturi menambahkan, dipilihnya KEK Mandalika sebagai lokasi event internasional tersebut bukan tanpa alasan. Salah satunya, TNI berharap dengan adanya event tersebut bisa menjadi wahana sosialisasi dan memperkenalkan KEK Mandalika ke kancah internasional. Dengan begitu, KEK Mandalika bisa semakin dikenal luas. Sehingga wisatawan akan semakin banyak datang ke kawasan ini. “Ke depan event ini bisa menjadi event tahunan di KEK Mandalika,” imbuh Kapendam Jaya Jakarta ini.

Event lari marathon itu bakal digelar pada tanggal 23 September mendatang. Namun sebelum itu, ada beberapa kegiatan lainnya yang akan juga digelar. Di antaranya bakti sosial kesehatan serta bazar dan pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang dimiliki TNI. Jadi selain bisa menonton lomba lari marathon internasional, masyarakat juga bisa menikamti bazar serta pameran alutsista.

Sementara itu, General Affair The Mandalika, I Gusti Lanang Bratasuta, menegaskan kesiapannya pihaknya sebagai tuan rumah TINAFIM. Seluruh fasilitas pendukung saat ini tengah dipersiapkan. Terutama rute lari yang nanti akan dilalui oleh para pelari, saat ini juga mulai ditata. “Kami selaku tuan rumah sangat siap. Fasilitas pendukung yang dibutuhkan, saat ini terus kita tata,” tambah Brata. (kir)