Wisata Olahraga Masih Jadi Jualan Laris di NTB

Mataram (Suara NTB) – Wisata olahraga merupakan salah satu segmen baru dalam pariwisata NTB. Dalam dua tahun terakhir sudah banyak kegiatan wisata olahraga diselenggarakan di NTB. Termasuk kegiatan bersepeda, lari dan sebagainya yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah dan negara.

Keindahan pariwisata Lombok dan Sumbawa menjadikannya sebagai destinasi yang pas untuk melakukan hobi berolahraga sambil berwisata. Garis pantai yang panjang, panorama yang indah dan keramahan penduduknya membuat wisata olahraga di Lombok selalu banyak didatangi wisatawan.

“Sebentar lagi akan ada Lombok Marathon, setelah itu ada Rinjani 100. Ini menunjukkan bahwa kita ini memang menjadi tujuan sport tourism yang cukup baik. Antusiasme mereka juga cukup baik sejauh ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.L.Moh Faozal, S.Sos.,M.Si, di Mataram, Selasa, 23 Januari 2018.

Ia mengatakan bahwa kegiatan wisata olahraga ini sangat berpotensi untuk mendatangkan wisatawan. Selain itu, ini juga bisa menjadi ajang promosi wisata yang dimiliki NTB, khususnya Lombok. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung kembali setelah melihat keindahan Lombok dan sekitarnya.

“Kita ingin maksimalkan semua potensi wisata yang kita punya. Termasuk dari sport tourism ini. Pada 28 Januari nanti ada Lombok Marathon, saya harap ini berjalan dengan baik. Karena akan mendatangkan banyak peserta dari berbagai negara dan daerah,” ujarnya.

Sebelumnya juga sudah dilakukan Grand Fondo New York dan Tour De Lombok Mandalika. Keduanya merupakan kegiatan wisata olahraga sepeda dengan peserta dari berbagai negara. Respon para peserta pun sangat baik dan tidak sedikit dari mereka yang ingin berkunjung lagi untuk berlibur.

Dengan adanya event ini diharapkan dapat menambah jumlah wisatawan mendatangi NTB. Pasalnya para peserta juga akan diajak untuk menikmati sejumlah destinasi wisata yang ada di Lombok. Diharapkan hal itu dapat menjadi cerita yang baik yang dapat dibawa kembali ke negara masing-masing.

“Sport tourism ini merupakan segmen yang bagus untuk dikembangkan. Menang ataupun tidak, para peserta memiliki kepuasan tersendiri. Inilah yang menjadi pasar kita untuk terus kita maksimalkan,” ujarnya. (lin)