Pemda Lobar Bakal Jadikan Mekaki Marathon Kegiatan Tahunan

Giri Menang (Suara NTB) – Pemkab Lombok Barat siap mengelar Wow Mekaki Marathon Internasional, Minggu, 30 April 2017. Berbagai persiapan pun telah dimatangkan sebelum hari H pelaksanaan. Pihak panitia sendiri mencatat ada 2.000 lebih peserta yang bakal ikut marathon tersebut. Sedangkan masyarakat yang ikut berpartisipasi diperkirakan mencapai 5000 orang. Mekaki Marathon ini pun bakal dijadikan even tahunan oleh Pemda Lobar. Kegiatan ini untuk mempromosikan kawasan ini ke dunia luar sehingga banyak investor yang mau berinvestasi di wilayah setempat.

Dalam acara Ngopi Ngeteh di kantor Humas Pemkab Lobar, Jumat (28/4), Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si didampingi Kadis Pariwisata Lobar, Ispan Junaidi dan Kabag Humas dan Prokotokol, H. Saepul Ahkam serta EO Mekaki Marathon, membeberkan berbagai kesiapan even tersebut.

Bupati menjelaskan, tujuan besar diadakan Mekaki ada tiga yakni untuk menarik dan mengangkat kunjungan wisata, tujuan ini termasuk jangka pendek. Kedua memperkenalkan Lobar destinasi baru di Lobar, tidak saja Senggigi namun ingin perkenalkan destinasi baru.

“Ketiga mengundang investor dengan adanya kegiatan ini, tidak saja mengangkat kunjungan, karena ini akan jadi even tahunan. Kedepan akan lebih menarik,” jelas Bupati.

Bupati menyatakan BRI Mekaki marathon jelang H-2 dari berbagai sisi sudah siap. Dua minggu terakhir jelasnya sudah dilakukan berbagai persiapan oleh EO dibantu unsur internal pemda malaupun eksternal termasuk dari masyarakat. Bahkan yang ikut gotong royong disamping masyarakat di sekitar, ada beberapa pula yang dari pihak luar.

Dari sisi kesiapan teknis, Fauzan menilai sudah cukup siap karena beberapa rekan EO sudah menyiapkan kebutuhan para pelari. Perkiraan jumlah pelari saja, diperkirakan menembus 3 ribu orang. Masyarakat yang ikut berpatasiasi di lokasi ini diperkirakan mencapai 5 ribu orang karena ada hiburan di lokasi.

Menurutnya melihat jumlah peserta, ini cukup melampaui target. Bahkan informasi dari kemenpar bahwa ada rencana terkait dengan pengembangan Lokasi pelaksanaan. Pihaknya sudah dapat informasi bahwa di luar marathon akan ada penilaian menyeluruh terkait pariwisata berkelanjutan. Fauzan memastikan Lobar akan ikut dalam lomba ini.

Ispan Junaidi mengatakan, Mekaki Marathon ini momentum bagus untuk mengaungkan Sekotong kepada dunia luar. Menurutnya even ini telah lama digagas bahkan pelaksanaan Lombok Marathon yang diadakan provinsi juga merupakan buah pemikiran dari Lobar.

Menurutnya untuk menggabungkan destinasi baru Sekotong butuh kerjasama media promosi yang daya jangkaunya luas tentu melalui media nasional cakupan luas. Kenapa memilih Marathon? Menurutnya cara promosi wisata dari berbagai aspek tidak saja keindahan alam dan keunikan budaya. Namun trennya saat ini adalah wisata khusus olahraga. (her)