HMS dan Danrem 162/WB Pantau Turnamen Karate dan Air Soft Gun

Mataram suarantb.com) – Anggota DPR RI Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM, memantau turnamen karate antar pelajar se-NTB bersama Danrem 162 WB/ Kol. Inf. Farid Ma’ruf, di Gelanggang Pemuda, Mataram, Sabtu, 18 Februari 2017. Selain kejuaraan karate, politisi yang akrab disapa HMS itu juga berkesempatan menengok para penggemar olahraga menembak air soft gun, yang tengah menggelar kegiatan turnamen di Mataram Mall.

Kepada wartawan, HMS menegaskan bahwa kegiatan turnamen karate yang diinisiasi Korem 162/WB tersebut merupakan bentuk nyata dari upaya pembinaan atlet potensial pada cabang olahraga karate di NTB.

HMS menegaskan, upaya semacam ini bisa menjadi salah satu medium untuk melahirkan generasi baru atlet yang bisa diarahkan untuk membela NTB di ajang yang lebih besar.

Ia meyakini, kompetisi yang bersifat reguler merupakan salah satu syarat bagi lahirnya prestasi di bidang olahraga.

Sebuah cabang olahraga, menurutnya tidak sekadar hanya memerlukan dukungan sarana latihan semata. Adanya kompetisi yang semacam ini, merupakan wadah untuk memastikan proses latihan yang telah dijalani para atlet bisa mendapatkan ujian yang sesungguhnya.

Baca juga:  20 Atlet NTB Siap Maju Pepapernas

Menurut politisi PAN ini, Korem 162/WB memperlihatkan bahwa semua pihak bisa memberikan kontribusi besar dalam perkembangan olahraga di NTB.

Selain Pemerintah, Pemerintah Daerah dan TNI/Polri, HMS juga menyerukan kepada pihak swasta untuk ambil bagian dalam upaya memajukan cabang-cabang olahraga yang potensial maupun yang telah berprestasi di NTB.

Selain pentingnya kompetisi yang reguler, HMS juga menyinggung soal perlunya keberpihakan anggaran dari pemerintah daerah di NTB. Karenanya, HMS memberikan dukungan penuh terhadap upaya Pemprov NTB membangun kepedulian melalui penyusunan Raperda tentang olahraga di NTB.

Bagi HMS, faktor dukungan anggaran akan cukup memengaruhi kualitas yang bisa dihasilkan cabor-cabor yang ada di daerah ini.

Hanya saja, HMS mengutarakan bahwa olahraga tidak sekedar  kegiatan yang melulu harus berorientasi pada prestasi. Baginya, olahraga bisa memberikan banyak hal kepada seseorang dan sebuah masyarakat.

HMS menyebutkan adanya sejumlah prinsip yang dijunjung tinggi dalam berolahraga. Misalnya, prinsip sportifitas, kepatuhan terhadap peraturan, kemauan untuk menerima kekalahan hingga kedewasaan dalam menghadapi kompetisi.

Prinsip-prinsip tersebut, menurutnya sangat lekat dengan perilaku para olahragawan di lapangan. Prinsip semacam itulah, yang   saat ini perlu untuk disebarluaskan dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Atlet NTB Ciptakan Sejarah, Rebut Tujuh Emas di Ajang Internasional

Karena itulah, HMS mengaku sangat senang ketika ia berkomunikasi dengan Korem 162/WB dan akhirnya berkesempatan untuk bisa bersama-sama menengok kegiatan tersebut.

“Saya sampaikan kepada Pak Panglima TNI, bagaimana TNI di NTB bisa memberikan dorongan dalam pengembangan cabang – cabang olahraga melalui acara seperti ini. Dan Panglima TNI sangat mengapresiasi ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain dukungan dari TNI, kegembiraan juga dirasakannya setelah melihat tingginya tingkat antusiasme masyarakat saat melibatkan diri dalam kegiatan Turnamen Karate maupun Kompetisi Air Soft Gun tersebut. Menurutnya, para pelajar yang tampil dalam turnamen tersebut cukup memperlihatkan potensi yang menggembirakan.

Sementara, meski merupakan olahraga yang belum terlalu familiar di tengah masyarakat, kompetisi air soft gun yang digelar di Mataram Mall tersebut, menurutnya juga cukup semarak dengan keterlibatan klub-klub pecinta olahraga menembak tersebut.

“Hal ini penting untuk diperhatikan oleh pemerintah daerah. Pemerintah daerah perlu memberikan dukungan secara moril maupun materiil terhadap kegiatan semacam ini,” pungkasnya. (aan/*)