Dinas Dispora Carikan ‘Bapak Angkat’ untuk Cabor

Mataram (suarantb.com) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram mencarikan ‘bapak angkat’ untuk cabor-cabor yang ada di Kota Mataram. Peran ‘bapak angkat’ ini sangat penting dalam upaya pembinaan yang berkaitan erat dengan pendanaan.

Kepala Dispora Kota Mataram, Amran M. Amin menyampaikan upaya pembinaan harus berbanding lurus dengan perkembangan ekonomi di Kota Mataram. Aktivitas pembinaan tiap cabor harus didanai. Jika hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah, menurutnya sangat sulit didapat.

“Harus punya ‘bapak angkat’ yang akan mendanai,” jelasnya kepada suarantb.com, Kamis, 16 Februari 2017.

Baca juga:  Atlet NTB Ciptakan Sejarah, Rebut Tujuh Emas di Ajang Internasional

Dispora menargetkan atlet-atlet cabor binaan tidak hanya berprestasi di tingkat lokal, tetapi juga nasional. Untuk meraihnya sangatlah sulit dan harus melalui program berjenjang.

“Hal itu tidak semudah kita membalikkan telapak tangan,” ujarnya. Saat ini terdapat 55 klub atau kelompok olahraga yang berada di bawah tanggung jawab Dispora.

Pada Kamis, 16 Februari 2017, Amran menyambangi SMPN 7 Mataram. Sekolah ini dianggap konsisten melahirkan atlet profesional.

Baca juga:  20 Atlet NTB Siap Maju Pepapernas

“Sekolah ini adalah brand sekolah olahraga,” kata mantan Camat Mataram ini.

Sementara itu, Kepala SMPN 7 Mataram, H. M. Sibawaeh mengapresiasi terbentuknya Dispora dan dirasa dapat meningkatkan motivasi dalam pengembangan prestasi cabor di Mataram.

Dilabelinya SMPN 7 Mataram sebagai sekolah olahraga karena salah satu siswanya, Suleni berkiprah menjadi atlet nasional.

Berkaitan dengan prestasi itu, Amran menegaskan label SMPN 7 Mataram sebagai sekolah yang mencetak atlet harus dipertahankan.

“Sekolah ini, harus melahirkan pionir olahragawan-olahragawan berskala nasional,” harapnya. (anh)