Lombok Marathon : Lari Sembari Menikmati Sunrise

Mataram (suarantb.com) – Ajang Lombok Marathon akan digelar besok, Minggu, 4 Desember 2016. Lomba lari jarak jauh dan menengah ini akan melibatkan sekitar 3000 pelari yang berasal dari 18 negara. Ada pengalaman unik yang bisa didapatkan para peserta Lombok Marathon ini, terutama di nomor Full Marathon dan Half Marathon.

“Rute yang akan dilalui peserta Lombok Marathon ini berbeda dengan marathon lainnya. Untuk peserta Full Marathon dan Half Marathon yang start di Senggigi akan berkesempatan menyaksikan sunrise sambil berlari,” ujar Founder Dunia Lari.com, Frank Malonda yang juga berperan sebagai inisiator Lombok Marathon.

Start untuk peserta Full dan Half Marathon memang akan dilaksanakan pukul 04.30 pagi. Sehingga jika peserta memulai start dengan berlari santai di sepanjang rute Senggigi bisa dipastikan mereka bisa memanjakan mata dengan pemandangan sunrise yang sangat jarang terjadi dalam pelaksanaan suatu lomba lari.

Acara Konferensi Pers yang dilangsungkan siang tadi, Sabtu, 3 Desember 2016 di Atrium Lombok Epicentrum Mall juga dihadiri Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi. TGB juga akan turun sebagai peserta di nomor Half Marathon.

“Saya ikut, yang penting sudah tetapkan target. Bisa sampai finis atau tidak, mudah-mudahan bisa tampil dengan teman-teman yang lain,” ucapnya sambil tersenyum.

Menurut TGB,

potensi di NTB memungkinkan untuk diadakannya berbagai event sport tourism. Tidak hanya marathon, banyaknya pantai di Pulau Seribu Masjid ini juga bisa dimanfaatkan untuk ajang seperti coastal run.

“Ada banyak sekali macam-macam lari yang bisa dilakukan di NTB ini. Kalau mau cari lari di medan-medan yang sulit, saya yakin di Lombok dan Sumbawa banyak sekali tempat untuk melaksanakan itu. Mau lari di sepanjang pantai, coastal run, Lombok dan Sumbawa juga tempatnya,” jelasnya.

Karena rute dari Lombok Marathon ini akan memasuki daerah pusat kota dan berakhir di Pendopo Kantor Gubernur NTB. TGB meminta masyarakat untuk turut bekerja sama mendukung acara ini.

“Saya minta kerja sama dari warga yang daerahnya dilewati oleh peserta. Agar bisa mendukung dengan sebaik-baiknya. Cidomo-cidomo juga istirahat dululah. Kalau mau bepergian silakan gunakan jalur alternatif yang sudah disediakan,” ucapnya.

Demi pengamanan rute marathon ini sendiri, Polda NTB  akan menerjunkan 1051 personil yang tersebar di seluruh rute lomba. Dengan pembagian tiap jarak 79 meter, ada petugas yang berjaga.

Selain penggemar lari, Lombok Marathon ini juga akan diikuti oleh atlet pelari jarak jauh kebanggaan NTB, Ridwan. Termasuk pecinta marathon dari 18 negara yang siap saling unjuk kebolehan untuk memenangkan medali Lombok Marathon. (ros)