Polres Mataram Siap Amankan Ajang Sepeda Maraton Internasional di Lombok

Mataram (suarantb.com) – Ajang sepeda marathon internasional digelar di Lombok. Pemerintah NTB bersama Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia berencana menggelar ajang berkelas tersebut pada 2 Oktober mendatang. Sekitar 640 peserta memeriahkan acara yang diikuti negara-negara di dunia.

Kapolres Mataram, AKBP Heri Prihanto, mengatakan hari ini akan menggelar rapat bersama Polda NTB untuk membahas pengamanan ajang sepeda marathon tersebut. “Sudah dirapatkan oleh kita (Polres Mataram) bersama Polda NTB dan juga Pemprov NTB. Hari ini kalau enggak salah akan dirapatkan kembali masalah pengamanannya,” ujar Heri saat ditemui di Mapolres Mataram, Jumat, 23 September 2016.

Ajang tersebut terdiri dari dua etape. Etape pertama sepanjang 180 km, dan etape kedua sepanjang 80 km. Start maupun finish ajang tersebut di Senggigi. Heri  memastikan pengamanan rute marathon tersebut di wilayah hukumnya. “Pada intinya sesuai jalur di Mataram kita amankan. Kalau masalah keamanan diambil alih Polda karena melibatkan lebih dari dua Polres,” jelasnya.

Ajang sepeda marathon internasional tersebut melalui titik-titik persinggahan. Di antaranya, Batu Jangkih Praya, Pusuk, Sekotong, dan lainnya. Kemudian akan kembali ke start awal, yaitu Senggigi.

Kepolisian  mengantisipasi jalur-jalur padat aktivitas masyarakat yang akan dilalui, seperti pasar yang setiap harinya rame pengunjung. “Antisipasi jalan-jalan yang bertepatan dengan kegiatan masyarakat, misalnya di depan Pasar Kebon Roek. Tapi masih dirapatkan apakah akan melalui jalur tersebut,” ungkapnya.

Dalam ajang tersebut tidak dilakukan pengalihan arus. Dikarenakan, ajang tersebut mengikuti arus yang sesuai dengan arus atau rute berkendara yang ada di Lombok ini. Namun pengamanan menjadi prioritas kepolisian, khususnya Polres Mataram. (szr)