Duo Danang-Tio, Diharapkan Raih Emas

Mataram (suarantb.com) – Selain tim Putu Dini Jasita Utami dan Dhita Juliana, tim voli pantai yang menjadi harapan NTB mampu meraih emas pada PON mendatang adalah duet Danang dan Tio. Keduanya menduduki rangking dua tim voli pantai putera Indonesia.

Prestasi Danang dan Tio di Pra PON 2015 yang meraih perak, membuat Agus Salim sang pelatih menargetkan mereka bisa meraih emas di PON Jawa Barat yang akan segera dimulai dalam bulan ini. “Kalau Dini dan Dhita nanti kan targetnya mempertahankan emas PON 2012, kalau tim putera ini kita harapkan bisa mencuri emas. Karena di Pra PON sudah berhasil dapat perak,” harap Agus.

Duo Danangsyah Yudistira Pribadi dan Tio Kesuma Sentosa terbentuk saat keduanya sama-sama bergabung di PPLP voli pantai tahun 2012. Saat itu mereka masih duduk di bangku kelas dua SMA. Begitu masuk PPLP, mereka langsung bergabung dalam satu tim. “Masuk PPLP, langsung satu tim sama Tio,” ujar Danang.

Danang, kelahiran Dompu, 12 Mei 1995 mulai bermain voli dalam ruang sejak SMP. Ia belajar voli bersama tim ekskul voli sekolahnya. “Awalnya ikut voli indoor di SMP. Baru pas SMA saya pindah ke voli pantai,” jelasnya.

Sedangkan Tio, atlet kelahiran Mataram, 7 Maret 1995 ini juga mulai belajar voli saat duduk di bangku SMP. Berawal dari voli dalam ruang kemudian pindah ke voli pantai saat kelas dua SMA.

Walaupun selalu bermain satu tim, Danang telah lebih dahulu bergabung dalam Pelatnas dibanding Tio. Ia telah tergabung Pelatnas sejak September 2015 lalu. Sehingga ia tercatat sebagai satu-satunya atlet voli pantai putera NTB yang masuk Pelatnas.

Hasil dari beberapa kejuaraan yang diikuti Danang dan Tio juga menunjukkan hasil baik. Beberapa di antaranya adalah juara dua Kejurnas U-18 tahun 2013, juara dua POMNAS DIY 2013, juara satu Open Tournament Nasional 2014, juara dua Pra PON 2015, juara tiga Sirnas Bokori Kendari 2015, juara dua Sirnas Padang Painan 2015 dan peringkat empat AUG (Asean University Games) 2014.

Selain Danang dan Tio, masih ada satu lagi tim putera yang memperkuat tim voli pantai NTB, yaitu pasangan Sandy dan Edi. Sedangkan tim putri berisi pasangan Dini-Dhita dan Desi-Lisa. (ros)