Egi, Kenal BMX Berkat Sang Ayah

Mataram (suarantb.com) – Sekilas penampilannya mirip dengan dua rekan laki-lakinya. Dengan rambut cepak, muka tertutup helm, tidak ada yang menyangka jika Egi adalah seorang remaja putri. Dialah Regina Patricia Panie atau yang akrab dipanggil Egi.

Mungkin bukan hal yang umum ketika seorang anak perempuan menekuni olahraga ekstrem seperti bersepeda. Namun, justru Egi mulai mengenal olahraga bersepeda ini dari sang ayah.
“Mulai kenal olahraga bersepeda ini dari bapak. Dia juga yang mengajari, karena bapak juga pemain motor cross,” jelas Egi.

Jika dilihat dari sejarah olahraga BMX, induknya berasal dari moto cross. Jadi, tidak aneh jika sang ayah bisa mengajari Egi olahraga BMX. Egi mulai belajar olahraga ini sejak kelas lima SD. Kemudian mulai fokus berlatih mulai kelas satu SMP.

Ia diajak temannya menekuni sepeda down hill. Setelah dua tahun, Egi memutuskan kembali ke BMX.
Sejak duduk di bangku kelas tiga SMP, ia kembali berlatih BMX di bawah asuhan pelatih Junaidi ‘Edet’. Sudah banyak kejuaraan yang diikuti atlet kelahiran Mataram, 30 Maret 1997 ini. Diantaranya adalah Kejurnas 2013 meraih juara empat, Kejurnas 2013 untuk nomor Wimcycle juara dua, Pra PON 2015 meraih juara dan Test Event PON Agustus lalu Egi meraih juara empat.

Disinggung mengenai dukungan dari keluarga tentang olahraga yang digelutinya, anak pertama dari empat bersaudara ini mengaku keluarganya sangat mendukung. “Orang tua sangat mendukung, tidak pernah dilarang ikut BMX,” ujar Egi. (ros)