Mantan Kusir Cidomo Ini Siap Rebut Emas di PON Jabar

Mataram (suarantb.com) – Siapa sangka jika atlet tarung derajat yang berhasil meraih emas di Pra PON 2015 ini awalnya bekerja sebagai kusir cidomo. Munakip, atlet kelahiran Praya, 16 Januari 1986 ini akhirnya berhasil lolos untuk ikut berlaga di PON Jawa Barat (Jabar) pada September mendatang.

Ditemui usai latihan pada Kamis, 11 Agustus 2016, kepada suarantb.com Munakip menceritakan kisahnya ketika mulai mengenal tarung derajat. “Saya memang bekerja jadi kusir cidomo buat biaya sekolah. Saya jadi kusir cidomo sejak sekolah di MTs sampai kuliah D2, sekitar delapan tahun,” kenangnya.

Ia mengaku tergerak belajar tarung derajat karena sering mengikuti kakaknya latihan. “Tapi alasan utamanya karena di pasar sering memperebutkan penumpang sesama kusir, yang kalah biasanya nyuruh temannya buat ngeroyok kita. Jadi belajar ini buat membela diri kalau dikeroyok,” ceritanya.

Munakip mulai belajar olahraga ini sejak 2001. Kejuaraan pertama yang diikutinya Kejurda 2007 dan berhasil meraih medali perunggu. Selain itu, ia juga mengikuti Kejuaraan Presiden dan Kejuaraan Asia 2014 dan dari keduanya ia berhasil mendapatkan emas. Pada Pra PON tahun lalu ia juga berhasil menambah koleksi emasnya.

Munakip mengaku persiapannya sudah matang untuk mengikuti PON nanti. “Kalau persiapan latihan sudah matang, tinggal berdoa. Karena di PON 2012 saya tidak dapat apa-apa, saya berniat balas dendam di PON ini,” ungkapnya. (ros)