Mariati : Jelang PON Latihan Makin Keras

Mataram (suarantb.com) – Juara dunia pencak silat 2015 asal NTB, Mariati mengaku berlatih makin keras menjelang PON Jawa Barat (Jabar) pada September mendatang.

“Kalau sudah dekat dengan pertandingan ini, kita makin sakit. Latihannya semakin keras. Istilahnya, semakin dekat dengan cita-cita kita semakin sakit,” jelasnya ditemui suarantb.com, Jumat, 5 Agustus 2016.

Awalnya Mariati menekuni cabang olahraga (cabor) atletik. Namun pada 2006 silam ia mulai memasuki dunia pencak silat. Alasannya pindah cabor karena pengalaman buruk.

“Saya merasakan pengalaman buruk tidak dikirim oleh pemerintah kabupaten/kota untuk ikut pertandingan. Sedangkan pemain yang menurut saya kurang bagus, tapi karena punya uang, bisa ikut pertandingan. Karena itulah saya pindah ke silat,” kenangnya.

Sejak menekuni silat, ia telah mengikuti banyak pertandingan. Ia juga sudah tiga kali mengikuti kejuaraan dunia pada 2013, 2014 dan 2015. Dua pertandingan sebelumnya ia gagal meraih kemenangan, hingga akhirnya pada tahun 2015 berhasil meraih emas.

Keberhasilan juga ingin diraih Mariati dalam PON XIX mendatang. “Insya Allah harus dapat emas,” ungkapnya. Dalam PON ini, Mariati akan mengikuti pertandingan silat kelas F (70-75 kilogram). Sedangkan, dua atlet silat lainnya, Nurhaida dan Indriya Milasari akan bertanding dalam kelas D (60-65 kilogram) dan E (65-70 kilogram). (ros)