Oknum Pejabat Lobar Diduga Tilep Pengembalian Kerugian Daerah

Giri Menang (Suara NTB) – Pengembalian kerugian daerah dari salah seorang staf berinisial K, diduga ditilep sejumlah pejabat di Dinas Pengelolaan Pendapatan dan Keuangan Daerah (PPKD) Lobar. Salah seorang staf yang dulunya pernah bertugas di PPKD ini sudah mengembalikan kerugian daerah dalam bentuk uang tunai dan aset melalui beberapa oknum pejabat. Akan tetapi dana yang dikembalikan tak sampai di tangan Majelis TPTGR.

Dikonfirmasi terkait informasi tersebut, Inspektur pada Inspektorat Lobar yang juga anggota majelis TPTGR, Rahmad Agus Hidayat mengakui memang majelis TPTGR telah beberapa kali menyidangkan masalah kerugian negara melibatkan oknum aparatur berinsial K tersebut.

Iklan

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan majelis TPTGR bahwa oknum ini mengakui telah memakai setoran PAD untuk keperluan pribadi sehingga menimbulkan kerugian keuangan daerah.

Oknum ini pun sudah mengembalikan kerugian daerah itu dalam bentuk uang dan barang namun diakui masih ada sisa yang belum dilunasi. Diakui setiap kali kasus ini disidangkan para pihak yang diduga dititipkan dana pengembalian tersebut tak pernah hadir. Ketika pihak majelis TPTGR menghadirkan oknum ini, pihak-pihak lain yang perlu diminta untuk konfrontir justru tidak hadir dengan alasan sakit. Bahkan, pihak majelis meminta agar pihak-pihak terkait dijemput  namun lagi-lagi pihak yang lain tidak hadir.

“Sehingga jalan keluarnya hasil sidang terakhir diserahkan ke dinas PPKD, pihak dinas nanti memanggil orang-orang ini yang ada dinas terkait. Kalau kami peraduga tak bersalah dalam hal ini. Namun perlu ditelusuri oleh PPKD sendiri sesuai rekomendasi mejalis TPTGR,” jelas pejabat senior ini.

Rekomendasi majelis TPTGR sesuai hasil sidang terakhir meminta pihak PKKD menelusuri orang-orang tersebut. Aparatur penunggak kerugian ini perlu dipertemukan guna dikonfrontir dengan pihak-pihak terkait yang dititipkan dana tersebut.

  Gubernur NTB Pastikan Mutasi Pejabat Januari

Terkait dana pengembalian kerugian dari TPTGR yang dipertanyakan pihak dewan, menurut Agus pihak DPRD Lobar jangan keliru menafsirkan pengembalian kerugian ini. Sebab pengembalian kerugian selama ini di TPTGR tidak ada yang tertunda, semuanya diklaim selesai. Dana kerugian daerah yang dikembalikan dan sudah  disidangkan tidak ada yang mengendap. Bahkan begitu selesai sidang oleh TPTGR, kerugian langsung dikembalikan lunas. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here