Oknum Kepala Sekolah Pelapor Nuril Coreng Wajah Pendidikan NTB

Mataram (suarantb.com) – Dukungan terus mengalir kepada terdakwa kasus UU ITE, Baiq Nuril Maknun. Hari ini Rabu, 10 Mei 2017,  Kepala Dinas Dikbud NTB, Drs. H. Muh. Suruji mendatangi Pengadilan Negeri Mataram. Kedatangan Suruji sebagai bentuk simpati terhadap apa yang menimpa mantan pegawai honorer tersebut.

Menurut Suruji, Nuril sudah melakukan sesuatu yang harus dilakukan. Menghentikan sesuatu yang tidak baik dengan memberikan informasi kepada orang lain.

Iklan

“Coba kalau misalnya beliau tidak membuka ini, maka boleh jadi peristiwa itu akan terus berlanjut. Bahkan mungkin semakin luas kemana-mana,” tegasnya.

Ia juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi penjamin penanguhan penahanan Nuril. Ia berharap proses hukum dapat berjalan dengan adil.

Ditambahkan, jika  Nuril tidak dihukum, pihaknya akan mengupayakan agar Nuril direhabilitasi nama baiknya. Ia juga akan mengupayakan agar Nuril diberikan kepercayaan kembali bekerja di lingkungan sekolah.

Terkait persoalan hukum, Suruji mengaku tidak mau ikut campur. Ia juga menyerahkan proses evaluasi kepegawaian terhadap oknum kepala sekolah kepada Pemkot Mataram. “Silahkan pemerintah kota lah yang punya pegawai yang memproses itu,” kata mantan Kepala BKD dan Diklat NTB ini.

Namun menurut Suruji, secara normatif oknum kepala sekolah telah melanggar PP 53 tentang disiplin PNS. Ia menilai oknum kepala sekolah harus diberikan hukuman disiplin berat.

Suruji juga menegaskan bahwa tindakan yang dilakukan oknum kepala sekolah tersebut dengan menceritakan hal-hal yang melanggar kesusilaan telah mencoreng wajah pendidikan di NTB.

“Jangankan melanggar kesusilaan, melanggar kepatutan etika saja sudah mencoreng pendidikan,” jelasnya.
Menurutnya, pengangkatan kepala sekolah tidak boleh lagi asal menunjuk.  Calon kepala sekolah harus melalui tes terbuka. Seorang kepala sekolah harus telah lulus semua tahapan seleksi dan pelatihan. Ia berharap dengan begitu ada semangat untuk memperbaiki mutu pendidikan mulai dari pengelolaan dan output. Sehingga kualitas pendidikan semakin membaik. (bur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here