OJK : PT. Gadai Mas NTB Resmi Beroperasi

Farid Faletehan (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB resmi menerbitkan izin operasional satu pegadaian swasta. Dengan demikian, masyarakat memiliki pilihan lebih banyak jasa pegadaian. “Di NTB sekarang sudah ada pergadaian yang sudah disetujui izinnya dan berkantor pusat di NTB/Mataram. Namanya PT. Gadai Mas NTB. SK Izin Usaha PT. Gadai Mas NTB: KEP-15/NB.1/2020 tanggal 10 Maret 2020. Saat ini masih ada 1 permohonan perizinan pegadaian,” jelas Kepala OJK Provinsi NTB, Farid Faletehan.

Pemegang saham/PSP menilai, Provinsi NTB sangat potensial. Sehingga diputusakan untuk membuka jasa pegadaian, khusus untuk gadai emas. NTB juga dikenal sebagai salah satu penghasil emas. Adanya tambang besar dan tambang-tambang rakyat. Diperhitungkan sudah tentu, potensi gadai emasnya cukup tinggi. “Karena potensinya untuk gadai emas cukup besar di NTB, sehingga sudah disiapkan kantor cabang yang cukup banyak. Sebelum izin diterbitkan, PT Gadai Emas NTB ini sudah beroperasi (sambil nunggu proses izin). Jadi sekarang cabangnya sudah banyak. Dan rencana dalam waktu dekat akan di kembangin ke Sumbawa,” jelas Farid.

Iklan

OJK telah tuntas melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap direksi, sehingga dinyatakan boleh beroperasi. Sesuai ketentuan, beberapa syarat yang harus dipenuhi pegadaian sebelum beeroperasi, khusus modal, pergadaian swasta, modal disetor ditetapkan berdasarkan lingkup wilayah usaha paling sedikit Rp500 juta (kabupaten/kota) dan Rp2,5 miliar (provinsi). “Yang sudah diberikan izin ini operasionalnya provinsi. Alamat PT. Gadai Mas NTB Jalan Adi Sucipto No. 7 Ampenan. Di Lombok ada tambang,  di sumbawa juga ada tambang,  toko perhiasan banyak dan masyarakat juga banyak yang pakai perhiasan emas. Potensial banget NTB ini untuk gadai emas. Makanya pada ekspansi,” imbuh Farid.

Bertambahnya jumlah penyedia layanan keuangan pegadaian swasta ini, kata Farid akan membantu masyarakat sesuai dengan fungsi dan kegiatan operasionalnya. Bagi masyarakat yang membutuhkan dana, tentu akan lebih mudah mendapat pinjaman ke pergadaian dengan jaminan emas. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional