OJK Ingatkan Bank Tingkatkan Pengamanan ATM

Plh. Kepala OJK NTB, Bambang S. Antariksawan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Jelang Natal dan tahun baru, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan industri keuangan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada konsumen. Tidak saja kepada pelayanan, titik tekan kepada pengamanan (safety) juga diharapkan tetap jadi prioritas.

Biasanya, akhir tahun baru yang identik dengan masa libur panjang. Pola konsumsi masyarakat akan mengalami perubahan. Artinya, perubahan tersebut akan berdampak langsung pada tingkat penggunaan uang. ‘’Kebutuhan transaksi masyarakat biasanya padat. Jangan sampai pelayanan terganggu, terutama di ATM,’’ kata Plh. Kepala OJK NTB, Bambang S. Antariksawan.

Iklan

Di temui di ruang kerjanya, Senin, 17 Desember 2018 kemarin, yang dimaksudkan Bambang untuk ditingkatkan terutama soal ketersediaan uang di mesin-mesin ATM dan kepastian tingkat keamanan konsumen bertransaksi di sana. OJK tak mengharapkan muncul keluhan adanya ATM-ATM yang bermasalah. Baik sistem maupun ketersediaan uang.

‘’Kita harapkan liquiditas di ATM tetap terjaga. Kecukupan uang di titik-titik keramaian harus diperhatikan dan tingkatkan pengamanan untuk memitigasi risiko,’’ Bambang mengingatkan.

OJK terus memantau sistem dan pelayanan perbankan di detik-detik akhir pergantian tahun ini. Biasanya industri keuangan kejar target menuntaskan program-programnya.  Juga menyusun program-program tahun mendatang.

Bambang mengatakan, jangan sampai kemudian perbankan terlalu fokus pada penyelesaian program dan rencana strategisnya. Tetapi mengabaikan pelayanannya kepada nasabah. Jelang pergantian tahun dan libur panjang, bukan alasan untuk tidak memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada nasabah. ‘’Jangan karena fokus mencapai target,  juga jangan sampai melupakan sisi safety,’’ imbuh Bambang. (bul)