ODGJ di Dompu Jadi Korban Sengatan Listrik di Lahan Jagung

Tim Inafis Satreskrim Polres Dompu, saat melakukan olah TKP dan pemasangan garis polisi di lokasi tewasnya ODGJ akibat sengatan listrik, Minggu, 3 Januari 2021.(Suara NTB/Polres Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Kasus sengatan listrik tegangan tinggi di lahan jagung kembali terjadi, Jumat, 1 Januari 2021 Pukul 21.00 Wita. Insiden ini menewaskan RD (17), salah seorang penderita gangguan jiwa atau ODGJ asal Dusun Nanga Doro Kecamatan Huu.

Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah kepada Suara NTB menyampaikan, peristiwa mengenaskan itu diketahui SB (34) sewaktu mengontrol kondisi lahan jagung miliknya di So Sori Tante.

Saat menyusuri bentangan pagar kawat yang sudah terhubung dengan mesin pembangkit listrik, ia terkejut melihat seseorang yang sudah tak bernyawa dalam posisi telungkup. “Mengetahui hal itu SB kemudian meminta bantuan pemilik lahan yang berdekatan, yakni Fadli dan Mujahidin,” ungkapnya.

Ulahnya yang sudah menelan korban jiwa itu, lanjut Hujaifah, membuat SB sangat ketakutan, hingga akhirnya memilih untuk melapor dan mengamankan diri ke Mapolsek Huu.

Informasi tersebut, lantas disikapi polisi bersama warga dengan terjun ke TKP untuk proses evakuasi, sekaligus visum korban di puskesmas terdekat. Berdasarkan hasil pemeriksaan medis diketahui bahwa RD meninggal akibat sengatan listrik dengan luka bakar pada bagian jari kaki kiri, punggung, wajah dan lecet di betis. “Setelah evakuasi dan visum malam itu juga korban langsung dibawa ke rumah orang tuanya di Lingkungan Donggo Ana Kelurahan Monta Baru,” jelasnya.

Sebelum ditemukan meninggal, korban berada di rumah bibinya di Dusun Nanga Doro untuk makan malam. Ia kemudian keluar tanpa sepengetahuan seisi rumah, pun ODGJ ini memiliki kebiasaan tidur di lahan jagung warga.

Dan untuk proses lebih lanjut atas kematiannya, polisi kini melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, termasuk SB selaku pemilik lahan jagung. “Kasus ini masih didalami dan akan dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi,” pungkasnya. (jun)