Objek Wisata Buatan Menjamur di Lotim

Objek wisata buatan ala masyarakat Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lotim.  (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Objek wisata buatan di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) terus menjamur. Beberapa desa tampak memoles beberapa tempat di desanya dengan sentuhan kreativitas dari masing-masing kelompok sadar wisata bersama kepala desa.

Beberapa di antaranya adalah objek wisata bahari. Seperti Desa Tanjung Luar dan Desa Ketapang Raya. Desa lainnya yang sudah lebih dulu terkenal dengan polesan objek wisata adalah Tetebatu, Tetebatu Selatan, Kembang Kuning dan Jeruk Manis. Dispar mencatat untuk desa wisata di Lotim terdapat sebanyak 25 desa.

Kepala Bidang Pemasaran, Muhir ketika dikonfirmasi mengatakan lahirnya objek wisata buatan itu merupakan buktu kreativitas masyarakat. Lahirnya objek wisata buatan ini bisa diklaim menjadi salah satu indikator kemajuan pembangunan pariwisata.

Disebut dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan kunjungan meski masih  bersifat lokalistik. Hal ini, tambahnya, sesuai visi bupati, pariwisata berbasis kemasyarakatan dengan membuat atmosfer pariwisata dengan iklim yang  baik. Menurutnya, keterlibatan kelompok sadar wisata dengan sajian objek wisata masing-masing ini menunjukkan gairah pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

“Kita layak berbangga hati dengan kehadiran objek wisata buatan itu. Masyarakat pun selama ini sudah banyak yang sendiri melakukan promosi. Dispar Lotim pun terus mencoba melakukan promosi semua objek wisata tersebut dengan melibatkan media,” ucapnya.  (rus)